News
Jumat, 30 Januari 2015 - 18:30 WIB

BUDI GUNAWAN TERSANGKA : KPK: Kami Yakin BG Penegak Hukum Sejati

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - KPK menetapkan status tersangka calon kapolri, Selasa (13/1/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Wahyu Putro A.)

Budi Gunawan, tersangka dugaan gratifikasi dan kepemilikan rekening mencurigakan, diminta kooperatif menghadapi panggilan KPK.

Solopos.com, JAKARTA — Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Bambang Widjojanto, mengimbau calon tunggal Kapolri, Komjen Pol. Budi Gunawan, untuk kooperatif dan memenuhi panggilan tim penyidik KPK.

Advertisement

Seperti diketahui, tim penyidik KPK telah menjadwalkan pemanggilan terhadap mantan Karo Binkar SSDM di Mabes Polri 2004-2006 tersebut untuk diperiksa sebagai tersangka. Budi Gunawan menjadi tersangka kasus dugaan gratifikasi dan kepemilikan rekening mencurigakan.

“Kami percaya BG [Budi Gunawan] adalah penegak hukum sejati yang kelak akan menunjukkan sosok profesionalitasnya karena patuh pada hukum dan semoga bisa menjadi teladan yang baik bagi penegak hukum,” tutur Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto, di Jakarta, Jumat (30/1/2015).

Bambang juga mengatakan bahwa kehormatan bagi seorang penegak hukum yaitu menghormati hukum yang ditujukan bagi kemaslahatan publik, termasuk memenuhi panggilan dari penyidik KPK. “Kehormatan penegak hukum terletak pada kemauan dan kemampuannya untuk menghormati hukum yang ditujukan bagi kemaslahatan publik,” katanya.

Advertisement

Seperti diketahui, calon tunggal Kapolri, Komjen Pol. Budi Gunawan telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK karena diduga kuat telah menerima gratifikasi dan memiliki sejumlah rekening mencurigakan sewaktu masih menjabat sebagai Karobinkar SSDM Mabes Polri pada 2004-2006.

Budi Gunawan dijerat dengan pasal 12 huruf a atau b dan Pasal 5 ayat 2, Pasal 11 dan atau 12 huruf b juncto undang-undang Tipikor nomor 20 undang-undang KPK dan Juncto Pasal 5 ayat 1 ke 1 KUHP.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif