Jatim
Jumat, 30 Januari 2015 - 09:05 WIB

BISNIS UNIK : Inilah Tips Membeli Kucing Yang Bagus

Redaksi Solopos.com  /  Aries Susanto  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi kucing

Bisnis unik yang berpeluang untuk dikembangkan ialah jual beli kucing. Bagi pembeli, inilah resepnya.

Madiunpos.com, KOTA MADIUN – Pengusaha bisnis kucing asal Kota Madiun, Nanang Setyo Hadi Nugroho, mengatakan seorang yang ingin membeli kucing harus memahami beberapa hal. Apalagi untuk jenis kucing Persia, setidaknya harus memhamai hal berikut ini.

Advertisement

Pertama, kata Nanang, pembeli harus memerhatikan kepribadian kucing dengan seleranya. Kepribadian kucing Persia ada yang berwatak pemalas, penurut, dan penyayang. Jika menginginkan kucing Persia untuk indukan, sebaiknya memilih kucing yang berumur 1 tahunan dan tentunya berwatak penyayang.

“Tapi bila kita ingin kucing persia yang masih kecil atau anakan, kucing Persia yang aktif dan manja bisa menjadi pilihan,” ujarnya saat ditemui Madiunpos.com di kediamannya, Jl Sekolahan Kecamatan Taman, Kota Madiun, Kamis (29/1/2015).

Kedua adalah warna bulunya. Hal ini tergantung pada kesukaan pembeli, apakah mau memilih kucing Persia dengan warna bulu coklat, putih, atau lainnya.

Advertisement

Selain warna bulu, hal ketiga yang harus diperhatikan warna bola matanya. Warna bola mata ini dapat memengaruhi anakan kucing yang dilahirkan nantinya.

Hal lain yang harus diperhatikan ialah seluruh badan dan bulu. Ini wajib harus dipraktekan. Jangan sampai membeli kucing yang bulunya sudah berjamur karena jamur pada kucing juga bisa menular kepada manusia juga.

“Caranya cukup diraba seluruh bagian badan kucing untuk memastikan tidak ada bulu yang menggumpal,” paparnya.
Selain itu, teknik meraba badan kucing juga untuk memastikan adanya bekas luka atau benjolan-benjolan kecil yang menyerupai jerawat.

Advertisement

“Jika semua itu ada sebaiknya beralih ke kucing yang lain, karena dapat dipastikan bahwa kucing tersebut terkena penyakit kulit,” paparnya.

Hal lainnya sebelum membeli kucing, harus memeriksa bentuk gigi kucing. Apakah bersih dan utuh. Selain itu juga lihat kebersihan telinga dan bentuk telinganya. Terkadang kucing juga terkena penyakit telinga karena penyakit sangat pemengaruhi bentuk telinga kucing.

Hal terakhir ialah cek buku vaksinasi. Buku Vaksinasi menjadi salah satu tips membeli kucing Persia. Jangan sampai pembeli terkecoh dengan penawaran harga kucing Persia murah.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif