Jateng
Kamis, 29 Januari 2015 - 06:50 WIB

JEMBATAN DARURAT DI MAGELANG : Warga Gotong Royong Bikin Jembatan Bambu di Kali Gending

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/google image)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/google image)

Jembatan darurat di Magelang akhirnya bisa terwujud. Jembatan sepanjang 10 meter di Kali Gending ini dibangun secara gotong royong menggunakan bambu 

Advertisement

 

Kanalsemarang.com, MAGELANG – Masyarakat didukung personel TNI dan Polri, Rabu, bergotong-royong membuat jembatan darurat dari bambu di atas aliran Kali Gending di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, setelah bagian jembatan utama putus akibat tergerus arus air yang kuat belum lama ini.

Jembatan darurat sepanjang 10 meter dan lebar satu meter itu dibuat dari bambu oleh ratusan warga dari dua desa, yakni Donorojo dan Kalinegoro, Kecamatan Mertoyudan bersama aparat TNI dan Polri.

Advertisement

“Berdasarkan pengalaman membuat jembatan darurat, tidak mungkin membuat untuk ini dengan tiang pancang, karena sewaktu-waktu arus sungai deras akan terbawa arus, sehingga kami membuat tiang panjang silang agar tidak terbawa arus,” kata Komandan Rayon Militer Mertoyudan Kapten Suparna seperti dikutip Antara, Rabu (28/1/2015).

Jembatan darurat itu dibuat di sebelah selatan jembatan utama, yang ambrol bagian fondasinya pada Minggu (25/1) sekitar pukul 10.00 WIB. Tidak ada korban dalam peristiwa itu.

Masyarakat bersama aparat juga akan mengepras tebing untuk pembuatan jalan yang bisa dilalui pengendara sepeda motor. Jembatan darurat di atas Sungai Gending itu hanya bisa dilalui pengendara sepeda motor secara hati-hati.

Advertisement

Camat Mertoyudan Wisnu Harjanto mengharapkan masyarakat bersabar menunggu pemerintah kabupaten setempat membuat jembatan baru sebagai jembatan permanen di atas alur sungai tersebut.

“Yang penting dengan jembatan darurat ini, masyarakat bisa melintas terlebih dahulu,” ujarnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif