Jogja
Kamis, 29 Januari 2015 - 22:20 WIB

APEL BERBAKTERI : Buah Impor Belum Tentu Dari California

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Masih ada apel Granny Smith di Pasar Gede, Selasa (27/1/2015). (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Apel berbakteri, belum tentu buah impor dari California, AS.

Harianjogja.com, JOGJA-Sejak 27-28 Januari 2015, Tim Pengawas melakukan penyisiran apel Grannu Smith dan Gala dari distributor, agen dan pengecer. Dalam razia tersebut ditemukan buah impor tidak hanya dari California, Amerika Serikat (AS).

Advertisement

Kepala Seksi Pengawasan Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindagkop DIY Yanto Apriyanto mengatakan sebagian apel yang ditemukan di sejumlah pusat perbelanjaan bukan berasal dari California, AS.

“Beberapa apel Gala yang ada di konter berasal dari Prancis. Ada juga yang dari Afrika. Jadi pengemasannya bukan dari Bidart Bros,” ucap Yanto.

Namun, untuk memastikan aman tidaknya kandungan dalam apel tersebut, pihaknya meminta agar pendagang tidak menjual dulu jenis apel tersebut. Pihaknya masih akan melakukan uji lab untuk memastikan keamanannya.

Advertisement

“Sambil menunggu hasil uji lab, kami meminta agar pedagang menarik dulu apel-apel itu. Hasil uji lab, kami berharap seminggu sudah bisa keluar,” harapnya.

Sementara, Supervisor Indomaret Jogja Edi Sulaiman mengatakan, sejak awal beroperasi pihaknya tidak menjual jenis apel berbakteri tersebut. Namun, apel yang dijual di jaringan Indomaret merupakan apel jenis Fuji Sun moon dan USA Washington.

“Untuk jenis California, kami hanya menjual pepayanya saja,” ujar Edi.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif