Jateng
Rabu, 28 Januari 2015 - 07:50 WIB

PILKADA KOTA SEMARANG : PAN Jajaki Rangkul Demokrat

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemungutan suara pilkada (JIBI/Harian Jogja/Dok.)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Pilkada Kota Semarang disikapi PAN dengan rencana koalisi. PAN Kota Semarang menyatakan siap menggandeng Demokrat untuk menghadapi Pilkada Kota Semarang

Advertisement

 

Kanalsemarang.com, SEMARANG- Partai Amanat Nasional Kota Semarang, Jawa Tengah, mulai menjajaki koalisi dengan Partai Demokrat untuk menghadapi pelaskaaan Pemilihan Walikota Semarang 2015.

“Sejauh ini, kami sudah melakukan penjajakan dengan Partai Demokrat untuk menghadapi pelaksanaan Pilwakot 2015,” kata Ketua DPD PAN Kota Semarang Wachid Nurmiyanto seperti dikutip Antara, Selasa (27/1/2015).

Advertisement

Selain dengan Demokrat, kata dia, PAN Kota Semarang juga berkeinginan menjajaki koalisi dengan sejumlah partai politik lain, terutama Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Golkar.

Dalam menghadapi pilwakot, kata Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Semarang, PAN akan menyiapkan langkah pertama dengan membangun rumah koalisi terlebih dulu dengan parpol yang sejalan.

“Ibaratnya, rumahnya harus dibangun dulu. Baru nanti perabotnya diisi setelah rumah partai matang terlebih dulu. Jadi, kami memang belum melakukan penjaringan bakal calon,” imbuhnya.

Advertisement

Menurut dia, PAN sejauh ini masih fokus melakukan penjajakan dan komunikasi dengan semua parpol untuk menghadapi Pilwakot Semarang 2015 dalam rangka membangun rumah koalisi.

“Kalau untuk sosok atau figur, sebenarnya kami membuka peluang kepada siapa pun untuk maju menjadi bakal calon pada pilwakot nanti. Tentunya, harus sesuai kriteria yang parpol kami,” katanya.

Wachid menegaskan figur yang akan maju dalam pilwakot harus memiliki elektabilitas bagus dan punya respons positif terhadap masyarakat, serta berkomitmen membangun Kota Semarang menjadi lebih baik.

Sementara itu, koordinator tim perumus koalisi dari PKS Suharsono mengatakan koalisi yang sedang dirumuskan PKS dengan Golkar membuka peluang kepada semua parpol untuk menghadapi pilwakot.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif