Jateng
Rabu, 28 Januari 2015 - 23:50 WIB

PASAR KOMPUTER JATENG : Pertumbuhan Ekonomi Positif, Apkomindo Optimistis Pasar Meningkat

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Pasar komputer Jateng dipresdiksi bakal meningkat. Akomindo yakin pasar meningkat karena pertumbuhan ekonomi menunjukkan tren positif 

 

Advertisement

Kanalsemarang.com, SEMARANG – Asosiasi pengusaha komputer Indonesia (Apkomindo) Jawa Tengah optimis pasar komputer akan membaik pada tahun ini seiring dengan pertumbuhan positif sektor ekonomi.

“Sejauh ini saya melihat kondisi ekonomi membaik, begitu juga dengan daya beli masyarakat terhadap komputer yang terus meningkat,” kata Kepala Bidang Perdagangan Apkomindo Jateng Ishak seperti dikutip Antara, Rabu (28/1/2015).

Menurutnya, memang sempat ada penurunan penjualan komputer baik itu notebook maupun personal computer (PC) pada tahun lalu. Kondisi tersebut tidak lepas dari aktivitas politik pemilihan Presiden yang berdampak pada tertundanya aktivitas investasi di Indonesia.

Advertisement

“Menurut data dari Apkomindo sendiri, pada 2014 ada penurunan jumlah komputer yang masuk ke Indonesia jika dibandingkan pada 2013. Jika 2013 ada sekitar 5 juta unit komputer yang masuk dan terjual di seluruh Indonesia, untuk 2014 turun menjadi 4,3 juta unit,” katanya.

Meski demikian, pihaknya optimistis pada tahun ini jumlahnya akan kembali meningkat atau paling tidak bisa mendekati 5 juta unit seperti halnya dua tahun lalu.

“Kalau melihat saat ini, sektor usaha berjalan sangat lancar sehingga ekonomi menjadi lebih stabil. Pada kondisi seperti ini, investorpun tidak lagi enggan untuk menginvestasikan uang belanja mereka salah satunya melalui pembelian alat-alat kantor,” katanya.

Advertisement

Diakuinya, sejauh ini, sektor industri menjadi pembeli terbesar produk komputer di Jawa Tengah, baru setelah itu diikuti oleh pembelian dari Pemerintah.

“Untuk angka jelasnya saya belum bisa memberikan mengingat saat ini belum tutup bulan. Untuk hasil yang pasti akan terlihat pada penutupan bulan ini,” katanya.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif