Sport
Selasa, 27 Januari 2015 - 06:45 WIB

PIALA AFRIKA 2015 : Main Imbang 1-1, Tunisia dan Republik Demokratik Kongo Lolos ke Perempatfinal

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kiper RD Kongo Muteba Kidiaba (ka) menepis tendangan Wahbi Khazri dari Tunisia. JIBI/Rtr/Amr Abdalla

Piala Afrika 2015 memasuki babak perempatfinal. Dua tim di Grup B, Tunisa dan Republik Demokratik Kongo, melaju ke perempatfinal.

Solopos.com, BATA — Tunisia dan Republik Demokratik Kongo bermain imbang 1-1 pada pertandingan terakhirnya di babak penyisihan grup Piala Afrika 2015. Hasil itu cukup untuk meloloskan dua tim tersebut ke babak perempatfinal.

Advertisement

Pada laga yang dihelat di Estadio de Bata, Bata, Selasa (27/1/2015) dinihari WIB, Tunisia tampil mendominasi. Akan tetapi, mereka cuma bisa mencetak satu gol dalam 2×45 menit.

Tunisia memimpin pada menit ke-31. Seperti dilansir detiksport, sundulan Ahmed Akaichi menggetarkan gawang Republik Demokratik Kongo yang dikawal oleh Muteba Kidiaba.

Namun, Tunisia tak bisa mempertahankan keunggulannya tersebut. Pada menit ke-66, Republik Demokratik Kongo bisa menyamakan skor lewat Jeremy Loteteka Bokila. Berawal dari umpan panjang, Dieumerci Mbokini menyundul bola ke arah Bokila dan nama terakhir melepaskan tembakan mendatar yang menjebol gawang Tunisia.

Advertisement

Dengan hasil imbang ini, Tunisia mengakhiri babak penyisihan grup sebagai juara grup B dengan koleksi lima poin. Mereka ditemani Republik Demokratik Kongo yang berada di posisi kedua dengan tiga poin.

Di babak perempatfinal, Tunisia akan bertemu tuan rumah Guinea Ekuatorial di Ebebiyin, 31 Januari mendatang. Adapun Republik Demokratik Kongo akan melawan Kongo di Bata pada hari yang sama.

Lolosnya Tunisia dan Republik Demokratik Kongo tak lepas dari hasil seri tanpa gol pada laga Cape Verde versus Zambia. Cape Verde dan Zambia, yang sebelumnya masih punya kans lolos, harus gigit jari setelah mendapatkan hasil imbang 0-0 itu.

Advertisement

Cape Verde finis di posisi ketiga Grup B dengan tiga poin, tapi mereka kalah produktif dari Republik Demokratik Kongo. Sementara itu, Zambia jadi juru kunci dengan dua poin. (JIBI/SOLOPOS)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif