Jateng
Selasa, 27 Januari 2015 - 02:50 WIB

HAMA TANAMAN : Awas!, 9 Kecamatan di Temanggung Ini Masuk Daftar Serangan Tikus

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - beberapa tikus yang berhasil ditangkap petani.dok

beberapa tikus yang berhasil ditangkap petani.dok

Hama tanaman tikus masih jadi momok bagi petani di Temanggung. Dari data Dinas Pertanian setempat, sedikitnya sembilan kecamatan di Temanggung termasuk daerah rawan serangan tikus 

Advertisement

 

Kanalsemarang.com, TEMANGGUNG – Sebanyak sembilan kecamatan di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, masih menjadi daerah rawan serangan hama tikus kata Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Temanggung, Harnani Imtikhandari.

“Sembilan kecamatan tersebut, yakni Temanggung, Ngadirejo, Bulu, Kedu, Kandangan, Candiroto, Bejen, Selopampang, dan Tembarak,” katanya di Temanggung, Senin.

Advertisement

Ia mengatakan, pada masa tanam pertama ini serangan hama tikus tidak terlalu tinggi.

“Namun, kondisi tersebut masih perlu diwaspadai karena serangan tikus tidak mungkin habis,” katanya.

Ia menyebutkan berdasarkan pendataan pada 1-15 Januari 2015, luasan serangan tikus mencapai 7,1 hektare. Sedangkan sisa serangan dari bulan sebelumnya sekitar 2,8 hektare, maka kondisi terkini luasan serangan tikus mencapai 9,9 hektare.

Advertisement

“Kerusakannya masih dalam kategori ringan, karena hewan pengerat ini menyerang saat usia tanaman masih sangat muda, yakni berumur sekitar 45 hari,” katanya.

Ia menuturkan pihaknya telah melakukan upaya pengendalian untuk mengatasi serangan tikus, yakni dengan pestisida pada luasan 76,2 hektare dan nonpestisida pada luasan 12,5 hektare.

Menurut dia luasan yang terancam atau harus diwaspadai serangan hama tikus mencapai 220,5 hektare.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif