Teknologi
Selasa, 27 Januari 2015 - 22:10 WIB

FACEBOOK DOWN : Instagram dan Facebook Tumbang. Apa Penyebabnya?

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Faecbook down membuat jutaan penggunanya tak bisa mengakses akun media sosial itu. Tak hanya Facebook, Instagram pun juga mengalami masalah.

Solopos.com, JAKARTA – Media sosial populer, Facebook dan Instagram yang down membantah peretas menjadi dalang yang membuat jutaan pengguna tak bisa mengakses dua akun tersebut.

Advertisement

Pengguna Facebook mengalami down di Inggris, Amerika Serikat, Asia dan Australia sehingga pengguna tak bisa masuk pada jejaring sosial terbesar di dunia itu, Selasa (27/1/2015).

Instagram yang dimiliki Facebook, mengatakan pada penggunanya via akun Twitter bahwa mereka menyadari adanya masalah dan sedang berusaha memperbaikinya. AIM, Tinder dan Hipchat juga diperkirakan terkena dampaknya.

Dilansir Antara, Selasa (27/1/2015), grup peretas Lizard Squad-yang baru-baru ini mengklaim bertanggung jawab atas serangan Hari Natal atas Play Station dan layanan Xbox Live, mengatakan di Twitter mereka bertanggung jawab atas serangan terhadap Facebook dan Instagram.

Advertisement

Namun, Facebook dan Instagram yang sempat down selama sekitar sejam sebelum layanan kembali normal, dengan cepat membantah layanannya diretas. Mereka menyalahkan hal itu terjadi lantaran perubahan yang mempengaruhi sistem konfigurasi.

Insiden Facebook dan Instagram down terjadi sehari setelah grup Lizard Squad mengatakan mereka telah meretas situs Malaysia Airlines-mengunggah pesan “404 – Pesawat Tak Ditemukan. Diretas oleh Cyber Caliphate”.

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif