News
Selasa, 27 Januari 2015 - 10:30 WIB

AGENDA PRESIDEN : Tepat 100 Hari Jadi Presiden, Jokowi Resmikan 3 Proyek di Sumatra

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (JIBI/Bisnis/Abdullah Azzam)

Agenda Presiden kali ini mengunjungi Sumatra Utara untuk meresmikan tiga proyek infrastruktur.

Solopos.com, JAKARTA – Tepat 100 hari setelah dilantik menjadi pemimpin negara, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Sumatra Utara. Jokowi berangkat menggunakan pesawat kepresidenan Boeing Business Jet pukul 07.30 WIB dari Base Ops Halim Perdanakusumah.

Advertisement

Informasi yang diterima Jaringan Informasi Bisnis Indonesia, Selasa (27/1/2015), Jokowi akan meresmikan groundbreaking tiga proyek infrastruktur yang menjadi agenda prioritas pemerintahannya. Yakni pembangunan pelabuhan dan kawasan industri Kuala Tanjung-Sei Mangkei, Tol Medan-Binjai, dan proyek diversifikasi alumunium.

Sejumlah menteri Kabinet Kerja yang ikut mendampingi kunker Presiden meliputi Mensesneg Pratikno, Menko Bidang Maritim Indroyono Soesilo, Menteri BUMN Rini M. Soemarno, Menteri PU & Pera Basuki Hadimuljono. Ketua BKPM Franky Sibarani dan anggota wantimpres Sidarto Danusubroto juga ikut serta dalam rombongan Presiden.

Adapun grounbreaking yang dilakukan oleh presiden yakni terminal multipurpose Kuala Tanjung, proyek diversifikasi produk dan pengembangan pabrik peleburan alumunium PT Inalum, pabrik minyak goreng PTPN III (Persero) Sei Mangkei, jalan tol Medan-Binjai dan Gardu Induk Sei Mangkei. Rencananya, Presiden juga menggelar video conference.

Advertisement

Untuk diketahui, proyek jalan tol Medan-Binjai sepanjang 17 kilometer melintasi tiga kabupaten Deliserdang, Medan dan Binjai ditargetkan selesai akhir 2016.

Sedangkan pelabuhan Kuala Tanjung dijadwalkan beroperasi 2018 dengan menghabiskan investasi US$400 juta. Kuala tanjung merupakan satu dari lima proyek yang dikembangkan pemerintah. Selain Kuala Tanjung yakni Tanjung Priok, Tanjung Perak, Makassar dan Sorong.

Sebelumnya Menko Maritim Indroyono Soesilo mengatakan pelabuhan Kuala Tanjung akan terintegrasi dengan kawasan industri Sei Mangkei, jalur KA, jalan tol Medan-Belawan-Kuala Tanjung-Sei Mangkei, pembangkit listrik asahan dan Pelabuhan Belawan.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif