Teknologi
Senin, 26 Januari 2015 - 12:45 WIB

TEKNOLOGI TERBARU : Begini Cara Kerja Komputer Masa Depan Microsoft Hololens

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Microsoft Hololens (wired.com)

Teknologi terbaru Microsoft Hololens adalah headset augmented reality yang menampilkan layar komputer layaknya monitor tiga dimensi.

Solopos.com, DAVOS – Microsoft kembali memperkenalkan tekonologi masa depan bernama Hololens. Teknologi ini diklaim Microsoft akan menjadi tren di masa depan.

Advertisement

Dilansir Mashable, Senin (26/1/2015), Chief Executive Officer (CEO) Microsoft, Satya Nadella, mendemonstrasikan kecanggihan Hololens di Forum Ekonomi Dunia (World Economics Forum, WEC) di Davos, Swiss.

Nadella mengatakan kacamata hologram besutannya ini merupakan kacamata yang terkomputerisasi. Sehingga akan sangat cocok dipakai di perusahan besar.

Advertisement

Nadella mengatakan kacamata hologram besutannya ini merupakan kacamata yang terkomputerisasi. Sehingga akan sangat cocok dipakai di perusahan besar.

Nadella memaparkan, Hololens didukung perangkat lunak bernama Windows Holographic. “Ini bukan kacamata virtual reality, ini adalah kacamata augmented reality,” sebut Nadella.

Hololens berfungsi menampilkan informasi yang dilihat pengguna secara hologram. Hologram tersebut tak benar-benar diproyeksikan, melainkan hanya bisa dilihat melalui lensa Hololens, yang bentuknya mirip virtual reality ala Oculust Rift.

Advertisement

Cara Kerja Hololens

Dikutip Solopos.com dari Infokomputer, Senin (26/1/2015), saat menggunakan Hololens, pengguna tetap dapat melihat lingkungan di sekitar layaknya menggunakan kacamata biasa. Namun berkat Hololens, lingkungan sekitar itu menjadi lebih kaya karena ada gambar digital yang ditempelkan (overlay) di atasnya. Contohnya pada sebuah dinding kosong,

Hololens bisa menampilkan sebuah layar televisi. Atau pada kulkas, Hololens bisa memperlihatkan bahan makanan yang harus dibeli.

Advertisement

Gambar digital yang dihasilkan Hololens sendiri bisa berbentuk tiga dimensi. Pengguna juga bisa berinteraksi dengan benda virtual yang dihasilkan Hololens. Misalnya saat Hololens menampilkan gambar tiga dimensi sebuah motor, Anda bisa mengitari motor tersebut dan Hololens akan menampilkan motor tersebut sesuai sudut pandang Anda. Karena mendeteksi posisi Anda,

Hololens juga menyediakan kemampuan hand gesture—meski saat ini terbatas untuk mengklik obyek 3D tersebut.

Untuk menampilkan semua efek tersebut, Hololens menggunakan cara yang terbilang revolusioner. Yaitu dengan cara menyorotkan cahaya ke mata Anda—tanpa menyebabkan mata Anda silau atau merasa tidak nyaman. Semua efek tersebut dihasilkan oleh komputer yang dirangkai ke dalam HoloLens tersebut. Artinya, HoloLens tidak membutuhkan kabel atau smartphone untuk menjalankan fungsinya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif