Jateng
Senin, 26 Januari 2015 - 22:50 WIB

INVESTASI JAWA TENGAH : Dinilai Strategis, Jateng Kian Dilirik Investor Asing

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi investasi (JIBI/Harian Jogja/Dok.)

Ilustrasi (Dok/JIBI/Harian Jogja)

Investasi Jawa Tengah terus tumbuh, Pemprov menglaim posisi Jateng yang strategis membuat investor asing tertarik berinvestasi di Jawa Tengah  

Advertisement

 

Kanalsemarang.com, SEMARANG – Jawa Tengah mulai dilirik investor asing sebagai tempat yang strategis untuk membangun perusahaan terutama dengan konsep padat karya, kata Kepala Badan Penanaman Modal Daerah (BPMD) Jateng Yuni Astuti.

“Belum lama ini saya diminta sebagai pembicara pada seminar bisnis yang dilaksanakan di Singapura, para peserta berasal dari sejumlah pengusaha,” katanya seperti dikutip Antara, Senin (26/1/2015).

Advertisement

Menurutnya, indikasi ketertarikan para investor asing terhadap Jawa Tengah salah satunya terlihat dari jumlah peserta yang melebihi kuota. Dari 75 peserta yang diundang, jumlah peserta yang datang mencapai 125 pengusaha.

“Animo mereka luar biasa, indikasi-indikasi ini harus segera ditangkap oleh Pemerintah Indonesia khususnya Jateng mengingat proses investasi kan tidak bisa langsung,” katanya.

Menurutnya, investor asing tertarik untuk membangun perusahaan yang padat karya karena menurut mereka SDM yang tersedia di Jateng sangat kompetitif dibandingkan daerah yang lain di antaranya dari segi upah dan kemampuan.

Advertisement

“SDM di Jateng terkenal lebih kondusif dan mau belajar, jadi kemampuan mereka terus tumbuh. Kondisi ini yang membuat pengusaha asing tertarik untuk berinvestasi di Jateng,” katanya.

Apalagi, setengah dari populasi masyarakat Jawa Tengah atau hampir 17 juta masyarakat merupakan usia produktif untuk angkatan kerja.

Sementara itu, melihat kondisi geografis Jawa Tengah, menurut dia masih banyak daerah yang bisa dijadikan sebagai kawasan industri. Salah satu daerah yang dalam waktu dekat ini tersedia kawasan industri yaitu Kabupaten Kendal.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif