Jateng
Senin, 26 Januari 2015 - 18:50 WIB

INVESTASI DALAM NEGERI : Tak Ingin Bergantung Investor Asing, Pasar Saham Harus Diperkuat

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Investasi (JIBI/Solopos/Antara)

Ilustrasi Investasi (JIBI/Solopos/Antara)

nvestasi dalam negeri perlu diperkuat oleh investor lokal. Penguatan ini penting agar pasar saham tak tergantung investor asing 

Advertisement

 

Kanalsemarang.com, SEMARANG—Bursa Efek Indonesia (BEI) menilai pasar saham harus diperkuat oleh investor lokal sehingga tidak perlu bergantung pada keberadaan investor asing.

“Penguatan investor lokal ini menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN,” kata Kepala Kantor BEI Perwakilan Semarang Stephanus Cahyanto Kristiadi seperti dikutip Antara, Senin (26/1/2015).

Advertisement

Menurutnya, dari seluruh investor yang bertransaksi di pasar saham Indonesia 61 persennya masih dikuasai oleh investor asing, sedangkan sisanya investor lokal.

Oleh karena itu, dengan masih kuatnya keberadaan investor asing maka isu regional sangat berpengaruh terhadap fluktuasi pasar saham Indonesia. Ini terlihat dari naik turunnya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Mengenai penguatan investor lokal tersebut, saat ini pihaknya terus berupaya memberikan edukasi kepada masyarakat dari seluruh daerah di Jawa Tengah. Menurutnya, daerah-daerah obyek edukasi bukan hanya kota besar tetapi juga kabupaten di antaranya Blora dan Cepu.

Advertisement

“Sejauh ini antusiasme masyarakat yang mengikuti edukasi kami sangat tinggi, mereka memiliki ketertarikan terhadap dunia saham karena bagi sebagian orang hal ini adalah sesuatu yang baru,” katanya.

Menurutnya, investasi sendiri merupakan tren yang saat ini sedang disukai oleh masyarakat tidak hanya dari kalangan menengah atas tetapi juga menengah ke bawah.

“Apalagi, beberapa waktu lalu marak terjadi kasus investasi bodong. Mereka tidak ingin menjadi korban sehingga mereka lebih memilih untuk memahami terlebih dahulu sebelum melakukan investasi secara pasti,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif