News
Senin, 26 Januari 2015 - 13:55 WIB

INDONESIA DARURAT NARKOBA : BNN Deteksi Terorisme Narkotika Mulai Muncul di Tanah Air

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi antinarkoba (bnnp-diy.com)

Indonesia darurat narkoba karena maraknya peredaran barang haram itu di Tanah Air. BNN pun mendeteksi terorisme narkotika mulai muncul di NKRI.

Solopos.com, JAKARTA – Indikasi adanya terorisme narkotika sudah mulai terdeteksi di Indonesia.

Advertisement

“Indikasi ke terorisme narkotika sudah mulai,” kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Badan Narkotika Nasional (BNN) Kombes Pol Sumirat Dwiyanto di Gedung BNN Jakarta, Senin (26/1/2015).

Sumirat menjelaskan yang dimaksud terorisme narkotika ialah tindakan terorisme yang dibiayai oleh hasil dari kegiatan penjualan narkotika.

“Mereka [teroris] ikut jadi penjual [narkotika], kan uang dari hasil jual narkotika itu cukup besar. Sehingga dapat membiayai aksi terorisme,” ungkap dia.

Advertisement

Sumirat menjelaskan indikasi akan adanya terorisme narkotika berdasar pada jaringan narkotika yang terungkap di Medan, Sumatra Utara. “Jaringan di Medan itu, jalur senjata masuk dengan jalur narkotika masuk itu sama, itu jadi indikasi,” kata dia.

Namun, Sumirat mengatakan terorisme narkotika di Indonesia baru indikasi, karena hanya ada satu kasus yang ditemukan. “Kasusnya baru itu [jaringan narkotika dan senjata di Medan],” ucap dia.

Sebelumnya Sumirat mengatakan Indonesia diberikan status darurat narkotika dikarenakan sudah menyebarnya peredaran narkotika di banyak profesi yang ada mulai dari tenaga kerja profesional hingga pemerintahan.

Advertisement

Ia mengatakan, berbagai profesi di pemerintahan dan penegak hukum juga terjerat oleh narkotika. “Di kejaksaan, hakim, anggota DPRD, kepolisian, sipir, wartawan, bahkan juga ada termasuk tokoh agama,” tutur dia.

Sumirat mengungkapkan sejumlah profesi tersebut terjerat dalam hal menggunakan dan juga mengedarkan narkotika. “Beberapa ada yang makai, ada yang jual,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif