Teknologi
Senin, 26 Januari 2015 - 17:10 WIB

HASIL PENELITIAN : Menutup Mata Terbukti Efektif untuk Mengingat Sesuatu

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi mengingat (Marcandangel.com)

Hasil penelitian menyebutkan menutup mata untuk mengingat hal yang terlupa adalah salah satu cara yang ampuh.

Solopos.com, SOLO – Hasil penelitian terbaru menyebutkan menutup mata saat mengingat suatu hal yang terlupa terbukti lebih efektif ketimbang dengan mata yang terbuka.

Advertisement

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal Legal and Criminology Psychology menyebutkan memori atau ingatan seseorang akan lebih akurat saat dia menutup kedua matanya.

Untuk sampai pada hasl penelitian ini, para peneliti mempelajari 178 orang relawan. Pada penelitian tahap pertama, peneliti meminta para partisipan menonton film yang di dalamnya berisi orang-orang sedang bekerja, mencuri barang dan sebagainya.

Dikutip Solopos.com, Senin (26/1/2015) dari Antara, peneliti bertanya pada mereka soal bagian-bagian tertentu dalam film itu, untuk menguji daya ingat mereka. Sambil mengingat kejadian dalam film, peneliti meminta partisipan menutup matanya.

Advertisement

Hasil penelitian memperlihatkan, partisipan yang menutup matanya saat mencoba mengingat kejadian dalam film, 23 persen mampu menjawab pertanyaan lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak menutup mata.

“Menutup mata untuk mengingat sesuatu nampaknya bekerja, terlepas ada atau tidaknya hubungan yang terbangun (antara saksi dan penanya), ” ujar pemimpin studi dari Universitas Surrey, Inggris Dr. Robert Nash.

Kemudian, dalam penelitian ke dua, peneliti memperlihatkan sebuah rekonstruksi kejahatan pada partisipan. Dalam rekonstruksi itu diperlihatkan pencuri yang menyerang seorang pria tua.

Advertisement

Peneliti lalu meminta partisipan mengingat apa yang mereka dengar dan lihat. Hasil penelitian menunjukkan, menutup mata membantu partisipan mengingat baik gambar maupun suara.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif