Soloraya
Senin, 26 Januari 2015 - 05:45 WIB

BENCANA KARANGANYAR : Talut 12 Meter di Tawangmangu Longsor

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Karanganyar, AKBP Martireni Narmadiana, meninjau lokasi tebing longsor di jalan tembus Tawangmangu-Magetan, Jumat (12/12/2014). Dia meminta jalan tersebut ditutup untuk sementara waktu, hingga kondisi jalan aman. (Bayu Jatmiko Adi/JIBI/Solopos)

Bencana Karanganyar terjadi di kawasan Tawangmangu. Talut di Margosanten longsor akibatnya menimpa rumah warga.

Solopos.com, KARANGANYAR– Talut sepanjang 12 meter longsor  setelah diguyur hujan deras pada Jumat (23/1/2015).

Advertisement

Peristiwa tersebut terjadi di lokasi permukiman warga Margosanten, Sepanjang, Tawangmangu. Material longsoran pun menimpa rumah warga yang berada di sekitar talut.

Dari pantauan Solopos.com dilokasi kejadian, talut tersebut berada di belakang rumah milik salah satu warga, Suwarto. Menurut istri Suwarto, Tutik, peristiwa tersebut terjadi pada Jumat pukul 12.30 WIB.

Advertisement

Dari pantauan Solopos.com dilokasi kejadian, talut tersebut berada di belakang rumah milik salah satu warga, Suwarto. Menurut istri Suwarto, Tutik, peristiwa tersebut terjadi pada Jumat pukul 12.30 WIB.

“Siang sebelum memasuki waktu salat Jumat memang turun hujan cukup deras,” kata dia saat ditemui wartawan di rumahnya, RT 002/ RW  004, Margosanten, Sepanjang, Tawangmangu, Sabtu (24/1/2015).

Dia menceritakan saat itu dirinya sedang berada di dalam rumah bersama anaknya. “Kemudian ada suara petir, dan tak lama kemudian seperti ada gempa. Setelah itu longsor terjadi,” kata dia.

Advertisement

Sementara material longsoran juga menimpa beberapa rumah milik warga yang letaknya berada di bawah talut.

Warga Margosanten lainnya, Wiro, mengatakan material talut yang longsor juga menimpa tembok rumahnya. “Tembok belakang rumah saya kena,” katanya saat ditemui wartawan di rumahnya, Sabtu.

Dia mengatakan material talut yang longsor juga menimpa beberapa rumah warga yang lokasinya tak jau dari talut.

Advertisement

Peristiwa tersebut langsung mendapat perhatian dari berbagai pihak, termasuk Polsek Tawangmangu, Koramil Tawangmangu, serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar.

Kapolsek Tawangmangu, AKP Riyanto, mengatakan setelah kejadian tersebut baik petugas Polsek, Koramil, relawan serta masyarakat sekitar langsung melakukan kerja bakti untuk membersihkan material longsoran.

“Tidak ada korban, baik korbanluka maupun korban meninggal dunia,” kata dia saat dihubungi Solopos.com, Sabtu.

Advertisement

Sementara itu Kepala Pelaksana BPBD Karanganyar, Nugroho, mengatakan kerugian yang disebabkan dari peristiwa tersebut sekitar Rp20 juta. Namun dia mengatakan kerusakan yang ditimbulkan masih tergolong kerusakan ringan.

“Masih tergolong kerusakan ringan. Hanya sebagian rumah saja,” kata dia saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Sabtu.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif