News
Senin, 26 Januari 2015 - 16:00 WIB

APEL BERBAKTERI : Indonesia Setop Impor Apel Amerika Serikat

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi apel impor (Dok/JIBI/Solopos/Antara)

Bakteri listeria dalam buah impor yang menjadi momok beberapa hari terakhir membuat pemerintah menyetop impor apel Amerika Serikat.

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah akhirnya menyetop impor apel dari Amerika Serikat (AS) untuk mencegah penyebaran bakteri Listeria ke Indonesia. Peredaran apel tersebut juga segera ditarik dari pasar.

Advertisement

“Itu akan kita setop, akan ditarik dari peredaran, sekarang lagi koordinasi,” kata Menteri Perdagangan, Rachmat Gobel, seusai menghadiri peresmian Kantor Pusat Pelayanan Terpadu Satu Pintu Jakarta, Senin (26/1/2015).

Bakteri listeria ditemukan dalam buah apel impor asal Amerika Serikat beberapa hari lalu. Konsumen pun diminta berhati-hati karena bakteri ini tergolong berbahaya.

Bakteri listeria telah menewaskan tiga warga sehingga masyarakat perlu mewaspadainya. Infeksi Listeria atau dikenal sebagai listeriosis disebabkan oleh bakteri listeria monocytogenes.

Advertisement

Rachmat Gobel menambahkan keberadaan bakteri dalam apel juga diakui oleh eksportir. Oleh karena itu, pemerintah menghimbau agar tidak mengkonsumsinya. “Jangan dikonsumsi sama masyarakat,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif