Lifestyle
Minggu, 25 Januari 2015 - 07:00 WIB

TIPS KARIER : Yuk, Perhatikan Bahasa Tubuh dalam Bekerja

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kerja (Dok/JIBI/Solopos)

Tips karier ini terkait dengan pentingnya menggunakan bahasa tubuh yang tepat dalam bekerja.

Solopos.com, SOLO – Ketika berada di lingkungan kerja, Anda akan bertemu dengan banyak orang. Agar Anda merasa nyaman dengan lingkungan kerja, perlu kiranya Anda memperhatikan beberapa tips terkait bahasa tubuh yang sebaiknya Anda gunakan dalam berkarier.

Advertisement

Sebagaimana Solopos.com kutip dari Readers Digest, Sabtu (24/1/2015), berikut ini tips bahasa tubuh saat berada di tempat kerja.

Bersuara Pelan
Bersuara pelan di sini, artinya menggunakan suara bernada rendah, sehingga tidak terkesan berteriak. Ucapan yang dikatakan dengan suara pelan akan membuat orang sekitar Anda tenang dan lebih mudah menaruh kepercayaan pada Anda.

Menurut seorang ahli bahasa tubuh dari Forbes, Carol Kinsey Goman, suara yang terdengar dengan nada tinggi dan tergesa menunjukkan seseorang mudah panik dan sulit mengendalikan keadaan.

Advertisement

Kontak Mata
Saat Anda berbicara dengan rekan kerja, sangat disarankan Anda menatap mata rekan kerja Anda tersebut. Kontak mata akan membangun hubungan emosional yang baik antara orang yang sedang bercakap-cakap.

Anda dapat menatap mata rekan kerja Anda setidaknya tiga sampai lima detik dalam sekali pandang. Hubungan emosional yang baik akan membuat rekan Anda merasa dihargai dan Anda pun menjadi nyaman bekerja.

Kontak Fisik
Kontak fisik di sini dimaksudkan untuk menjalin ikatan emosional dengan rekan kerja. Bentuk kontak fisik dengan rekan kerja dapat Anda lakukan dengan gerakan-gerakan kecil seperti tos atau berjabat tangan. Sentuhan fisik dapat meningkatkan rasa percaya diri dan menurunkan stres seseorang.

Advertisement

Senyum
Sebuah penelitian dari Universitas Duke, menemukan temuan yang menunjukkan seseorang akan lebih mengingat orang yang mudah tersenyum.

Senyum menjadi salah satu indikasi seseorang memiliki kepribadian yang menyenangkan.

Advertisement
Kata Kunci : Bahasa Tubuh TIPS KARIER
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif