Jogja
Minggu, 25 Januari 2015 - 08:40 WIB

REKOR MURI : 272 Keripik Daun Rejowinangun Raih Rekor MURI

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo rekor Muri (Dok/JIBI)

Rekor Muri, Kelurahan Rejowinangun menjadi penghasil keripik daun terbanyak.

Harianjogja.com, JOGJA-Berhasil mengolah 272 jenis daun dan buah menjadi keripik, kelurahan Rejowinangun meraih rekor Museum Rekor Indonesia, sebagai penghasil keripik dari daun dengan variasi terbanyak.

Advertisement

Beberapa jenis daun yang dijadikan keripik antara lain daun kopi, daun kunyit putih, dan sejumlah jenis daun lainnya.

Sri Widayati, Manajer Muri menerangkan penghargaan rekor tersebut merupakan penghargaan ke-6.805 yang dikeluarkan MURI. Dan pihaknya belum pernah memberikan penghargaan untuk produk serupa kepada peraih rekor MURI sebelumnya.

“Penghargaan yang kami berikan kepada kelurahan Rejowinangun dan diberikan kepada lurah, adalah yang pertama kalinya,” ujar Sri Widayati, Sabtu (24/1/2015).

Advertisement

Ia berharap, penghargaan ini bisa memacu masyarakat Rejowinangun menjadi lebih kreatif dalam memproduksi keripik dan tidak terhenti pada 272 variasi saja. Serta mampu menjadi produk yang bisa membawa perekonomian dan kesejahteraan masyarakat meningkat.

Dalam kesempatan yang sama, lurah Rejowinangun, Retnaningtyas menyebutkan, produk keripik dari daun dan buah merupakan ide pengembangan dari Kampung Wisata Agroedukasi Rejowinangun. Hampir sebagian besar daun dan buah yang digunakan untuk dijadikan keripik merupakan hasil dari budidaya masyarakat. Modal untuk proses produksi juga berasal dari swadaya masyarakat.

“Harga keripik mulai dari Rp5.000, yang termahal Rp50.000 untuk satu kilo keripik. Harapan kami, bisa sebagai awal menggerakkan ekonomi kreatif bagi seluruh warga,” tandas Retna.

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Rekor Muri UMKM DIY
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif