News
Minggu, 25 Januari 2015 - 23:30 WIB

PENJARINGAN KETUA DPC PDIP : 745 Kader PDIP Tes Calon Ketua DPC, 36 Mangkir

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Puluhan orang kader PDI Perjuangan mengikuti tes tertulis dan psikotes calon ketua DPC di Kantor DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah, Panti Marhaen, Kota Semarang, Minggu (25/1/2015). (Insetyonoto/JIBI/Solopos)

Penjaringan ketua DPC PDIP Jateng memasuki tahap tes tulis dan psikotes.

Solopos.com, SEMARANG — Sebanyak 745 orang kader PDI Perjuangan se-Jawa Tengah mengikuti tes tertulis dan psikotes dalam rangka penjaringan calon ketua dewan pimpinan cabang (DPC) tingkat kabupaten/kota. Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah (Jateng), Agustina Wilujeng mengatakan, pelaksanaan tes tertulis dan psikotes dilakukan lima gelombang di Kantor DPD PDIP Jateng, Panti Marhaen.

Advertisement

”Gelombang pertama diikuti sebanyak 108 orang kader partai dari berbagai daerah,” katanya menjelaskan mekanisme penjaringan ketua DPC PDIP itu di Kantor DPD PDI Perjuangan Jateng, Panti Marhaen, Kota Semarang, Sabtu (24/1/2015).

Dari 108 orang kader yang datang mengikuti tes tertulis dan psikotes penjaringan ketua DPC PDIP, Minggu (25/1/2015), hanya 70 orang hadir. Sementara itu, 38 orang lainnya mangkir tidak datang dengan berbagai alasan.”Dari absensi yang hadir hanya 70 orang, lainnya tidak hadir,” ungkap seorang anggota panitia.

Sedangkan gelombang kedua, Rabu (28/1/2015), akan diikuti 163 orang peserta. Gelombang ketiga, Kamis (29/1/2015), akan diikuti 163 orang peserta. Gelombang keempat, Jumat (30/1/2015), akan diikuti 129 orang peserta, dan gelombang kelima, Sabtu (31/1/2015), akan diikuti 152 orang peserta. ”Peserta yang telah terdaftar dan tidak hadir pada tes tertulis dan psikotes dinyatakan gugur sebagai calon ketua DPC,” tandas Agustina.

Advertisement

3 Setiap DPC
Dia lebih lanjut menyatakan, setiap daerah bisa mendaftarkan lebih dari satu orang calon ketua DPC, sehingga kebanyakan mendaftar tiga orang. Bahkan Kabupaten Kebumen mendaftarkan sebanyak 45 orang nama. ”Materi tes tertulis yang menyusun DPP PDI Perjuangan, sedang pelaksanaan psikotes dilakukan Himpunan Psikologi Indonesia, jadi kami hanya sebagai penyelanggara saja,” ungkapnya.

Tujuan diadakan tes tertulis dan psikotes bagi bakal calon ketua DPC ini, sambung Agustina untuk mencari pimpinan dan pengurus partai yang berkualitas. Tes tertulis dan psikotes bagi calon ketua DPC ini, imbuhnya baru kali pertama dilaksanakan DPP PDI Perjuangan. ”Tidak hanya calon ketua DPC, sebelumnya tes tertulis juga dilakukan untuk calon PAC, dan nantinya juga calon ketua DPD Jateng,” beber anggota FPDIP DPR RI ini.

Sementara itu, Wakil Ketua DPD PDIP Jateng, Bona Ventura mengungkapkan nantinya akan ditetapkan tiga nama calon DPC di setiap kebupaten/kota. ”Jadi nanti yang lolos tiga kali 35 kabupaten/kota yakni 105 orang calon ketua DPC yang akan dibawa ke Konferensi Cabang untuk menentukan calon ketua,” ungkap dia.

Advertisement

Dia menambahkan pemilihan ketua DPC tidak melalui voting atau pemungutan suara, melainkan musyawarah mufakat.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif