News
Minggu, 25 Januari 2015 - 09:00 WIB

KISAH UNIK : Petani Inggris Panen Tomat Terbesar di Dunia

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tomat terbesar di dunia yang dipanen petani Inggris (Dailymail)

Kisah unik kali ini dari Inggris.  Petani di negara itu berhasil memanen tomat terbesar di dunia.

Solopos.com, SOLO – Gigantomo merupakan salah satu nama tomat terbesar di dunia. Tomat asal Inggris itu mampu tumbuh hingga 48 cm dengan berat lebih dari 1,3 kg. Dengan sebuah tomat Gigantomo, Anda bahkan dapat membuat lebih dari 10 buah hamburger.

Advertisement

Selama 20 tahun Inggris telah berusaha mengembangkan teknik menumbuhkan tomat berukuran raksasa. Tomat yang tercatat sebagai tomat terbesar keempat di dunia itu bernama Gigantomo dengan bobot maksimal mencapai 1,3 kg.

Dikutip Solopos.com dari Dailymail, Jumat (23/1/2015), petani tomat Gigantomo di Lincolnshire, Inggris, Simon Crawford mengungkapkan tomat Gigantomo dapat tumbuh hingga 48 cm.

Ukuran itu setara dengan 12 kali ukuran tomat pada umumnya. Sedangkan pohon tomat Gigantomo rata-rata mampu tumbuh setinggi dua meter dan menghasilkan 11 buah tomat sekali panen.

Advertisement

Untuk menghabiskan sebuah tomat Gigantomo, setidaknya diperlukan empat orang dewasa.  Seiris tomat Gigantomo dapat digunakan untuk menutupi sebuah hamburger dan sandwich.

Simon menjelaskan, tomat Gigantomo dijual dalam bentuk bibit dalam polybag yang akan tumbuh dalam waktu singkat. Sepaket bibit Gigantomo berisi lima buah bibit dijual seharga 14.99 pound atau setara Rp 280.300.

Simon juga menjanjikan hadiah sebesar 5000 pound atau setara Rp95,5 juta bagi para pembeli yang mampu menumbuhkan tomat Gigantomo dan mengalahkan rekornya.

Advertisement

“Meski tomat jenis ini belum terlalu populer di Eropa, tapi saya yakin peminatnya akan banyak. Semua orang akan senang menumbuhkan tomat raksasa yang memiliki rasa yang enak di kebunnya,” jelas Simon.

Awalnya, tomat ini adalah hasil penelitian gabungan antara Simon dengan seorang ilmuwan Amerika Serikat, Paul Thomas. Setelah 15 tahun meneliti tomat raksasa itu, Paul akhirnya meninggal, kemudian penelitian tersebut diboyong ke Inggris oleh Simon.

Advertisement
Kata Kunci : Kisah Unik Tomat Terbesar
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif