Sport
Minggu, 25 Januari 2015 - 00:25 WIB

KARIER PELATIH : Demi "Kata-Kata", Pelatih Ini Simpan Kalender Mourinho

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Karier pelatih Middlesbourgh Aitor Karanka diwarnai dengan perilaku unik. Yaitu ketika dia diketahui menyimpan kalender usang Mourinho.

Solopos.com– Mungkin beberapa orang akan terkejut apabila mengetahui isi laci meja Aitor Karanka di kamp latihan Middlesbrough. Pelatih Middlesbrough berpaspor Spanyol tersebut menyimpan sebuah kalender Jose Mourinho.

Advertisement

Mungkin apa yang dilakukan Karanka terdengar sedikit norak. Sebagian lain mungkin akan menganggap dirinya melakukan hal-hal yang dilakukan fans perempuan yang menyimpan foto sang idola. Namun, ada alasan besar kenapa Karanka yang pernah menjadi asisten Mourinho selama tiga tahun (2010-2013) di Real Madrid tersebut tetap menyimpan kalender dari mantan bosnya itu di laci meja kerjanya.

“Ini karena ada banyak kata-kata di sini [kalender Mourinho]. Seorang pelatih bisa menelan banyak  kekalahan, namun dia jangan pernah sampai kehilangan martabatnya,” beber Karanka dalam wawancaranya dengan Daily Mail, Jumat (23/1/2015).

Advertisement

“Ini karena ada banyak kata-kata di sini [kalender Mourinho]. Seorang pelatih bisa menelan banyak  kekalahan, namun dia jangan pernah sampai kehilangan martabatnya,” beber Karanka dalam wawancaranya dengan Daily Mail, Jumat (23/1/2015).

Kata-kata dalam kalender tersebut ditulis dengan menggunakan bahasa Italia. Karena selembar  kalender pada bulan April itu diberikan Mourinho setelah menakhodai klub Negeri Piza, Inter Milan dan berlabuh ke Madrid.

“Dia memberikan itu [kalender] saat bulan pertama kami sama-sama berada di Real Madrid. Dia hanya  menunjukkan satu halaman. Saya tidak pernah melupakannya. Setelah itu, saya selalu membawanya ke manapun saya pergi,” sambung Karanka.

Advertisement

“Segalanya. Sebagai seorang manajer, dalam kehidupan, Anda harus selalu jujur. Ini poin dari kata-kata yang tertulis di kalender itu. Dan tidak ada individu pemain yang lebih penting dibandingkan tim. Ini semua tentang tim. Jose memberi pengaruh besar, tentu. Ketika saya bersama Jupp [Heynckes di Bilbao], saya masih menjadi pemain,” sambung Karanka ketika ditanya tentang pelajaran yang dia peroleh selama tiga tahun menjadi asisten Mourinho.

Obsesi Karanka untuk membawa Boro, julukan Middlesbrough, berkibar di level Championship memang sangat besar. Pria yang juga mengaggumi mantan pelatih Real Madrid, Jupp Heynckes, itu pun membuktikannya dengan membawa Boro merangkak ke peringkat kedua klasemen sementara di kasta kedua sepak bola Inggris tersebut.

Di ajang Piala FA, Boro lolos ke babak keempat. Mereka akan bertemu Manchester City di Stadion Etihad, Sabtu (22/1) pukul 22.00 WIB. Duel melawan City itulah yang bakal menjadi ujian besar bagi Karanka untuk membuktikan tangan dinginnya sebagai pelatih. Tak lupa, Karanka pun meminta saran dari Mourinho untuk menumbangkan City.

Advertisement

“Saya bicara dengan Jose setiap pekan. Jose membutuhkan banyak informasi, ketika bermain melawan Watford dan tim lain, saya juga perlu informasi darinya tentang City,” beber Karanka kepada Mirror. (Hanifah Kusumastuti/JIBI/SOLOPOS)

Aitor Karanka pelatih Middlesbrough yang pernah menjadi asisten pelatih Jose Mourinho. Ist/dok

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif