Jateng
Minggu, 25 Januari 2015 - 21:50 WIB

ANTISIPASI BENCANA ALAM : Ganjar Ajak Masyarakat Peka Pakai EWS Alami

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Antisipasi bencana alam digalakkan di Jawa Tengah. Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo meminta masyarakat lebih teliti dan peka terhadap tanda tanda alam 

Advertisement

 

Kanalsemarang.com, SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajak seluruh lapisan masyarakat di berbagai daerah untuk bersama-sama mengantisipasi terjadinya bencana alam yang dapat menimbulkan korban dan kerugian material.

“Mari kita bekerja keras bagaimana mengatasinya [bencana alam], minimal dari sisi pencegahan dengan menggunakan alat early warning system dan berbagai kearifan lokal di masyarakat,” katanya seperti dikutip Antara, Jumat (24/1/2015).

Advertisement

Hal tersebut disampaikan Ganjar di sela acara sosial yang bertajuk “Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama) Peduli Bencana” di Wisma Perdamaian Semarang.

Ganjar mengungkapkan bahwa hampir setiap hari masyarakat dihadapkan pada potensi terjadinya bencana alam seperti gempa bumi, tanah longsor, dan banjir.

“Saat ini sudah dipetakan daerah-daerah yang rawan bencana alam, antara lain di Banjarnegara, Karanganyar, Wonosobo, dan Temanggung,” ujar politikus PDI Perjuangan itu.

Advertisement

Menurut Ganjar, media sosial perlu dimanfaatkan oleh semua pihak guna memberikan sosialisasi dan peringatan dini kepada masyarakat mengenai kemungkinan terjadinya berbagai bencana alam.

“Kita harus bersahabat dengan bencana, bukan justru memusuhinya,” kata Ganjar yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Kagama periode 2014-2019 itu.

Dalam kegiatan sosial yang dimeriahkan oleh penyanyi kawakan Ebiet G. Ade yang berkolaborasi dengan maestro flute Nano Tirto itu dilakukan penggalangan dana untuk para korban bencana alam tanah longsor di Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif