Lifestyle
Sabtu, 24 Januari 2015 - 21:15 WIB

TIPS KESEHATAN : Cek! Kenali Tanda Awal Diabetes

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemeriksaan kesehatan untuk mendeteksi serangan diabetes. (JIBI/Harian Jogja/Abdul Hamied Razak)

Tips kesehatan berikut ini terkait dengan gejala seseorang terkena diabetes.

Solopos.com, SOLO – Diabetes adalah penyakit yang disebabkan karena produksi dan cara kerja hormon pengatur gula darah (insulin) tidak normal, sehingga menyebabkan gula darah naik.

Advertisement

Demi menjaga kesehatan tubuh, tidak ada salahnya Anda mengetahui tanda-tanda tubuh yang terkena diabetes dalam tips kesehatan kali ini.

Dilansir Readers Digest, Sabtu (24/1/2015), sebanyak 25% pengidap diabetes tidak menyadari gejala penyakit diabetes itu sendiri.

Advertisement

Dilansir Readers Digest, Sabtu (24/1/2015), sebanyak 25% pengidap diabetes tidak menyadari gejala penyakit diabetes itu sendiri.

Seorang pendidik diabetes di Illinois dan juru bicara American Association of Diabetes, Melissa Joy Dobbins, menjelaskan gejala diabetes tersebut terjadi secara bertahap, sehingga membuat pengidapnya terkadang tidak menyadari terkena diabetes.

Hal senada, juga dikatakan asisten profesor kedokteran di Harvard Medical School dan staf dokter di Joslin Diabetes Center, Aaron Cypess. Berikut tips kesehatan tentang gejala diabetes.

Advertisement

Itulah sebabnya, penderita diabetes akan sering buang air kecil. Bahkan, pada tengah malam, penderita diabetes akan mengalami kesulitan tidur karena merasa ingin selalu buang air kecil.

Sangat Haus
Penderita diabetes akan merasa sangat haus dari orang normal, karena terlalu sering buang air kecil. Ketika seseorang tidak menyadari tanda-tanda diabetes, penderita justru akan menghilangkan rasa haus dengan minuman bersoda atau minuman yang mengandung banyak gula. Sehingga, membuat diabetesnya semakin parah.

Berat Badan Turun
Salah satu tanda awal terkena diabetes adalah berat badan turun. Penurunan berat badan disebabkan karena kandungan gula dan kalori tidak dapat diserap dengan baik oleh tubuh. Hal itu menyebabkan tubuh tidak mendapatkan asupan yang semestinya.

Advertisement

Lapar hingga Gemetar
Tubuh yang terkena diabetes akan sulit mengendalikan glukosa, sehingga membuat penderita diabetes merasa gemetar saat lapar dan cenderung ingin mengonsumsi karbohidrat yang memiliki kandungan gula cukup tinggi.

Lelah Sepanjang Waktu
Apabila Anda merasa lelah sepanjang waktu, mungkin karena tubuh Anda tidak dapat memecah sari makanan untuk energi tubuh, sehingga tubuh terasa lemah dan tidak bertenaga. Hal inilah yang dialami oleh penderita diabetes.

Murung dan Mudah Marah
Perhatikan fluktuasi emosi Anda. Pernahkah Anda merasa tiba-tiba ingin marah atau sedih? Kondisi emosi yang mirip dengan orang depresi tersebut dapat menjadi gejala awal Anda terkena diabetes.

Advertisement

Kenaikan gula darah dapat membuat emosi seseorang berubah tidak bersemangat atau sebaliknya, ingin marah-marah karena kesal terhadap sesuatu yang tidak dapat dijelaskan.

Penglihatan Kabur
Saat gejala awal, lensa mata penderita diabetes mengalami gangguan fokus untuk melihat, karena pembuluh darah di belakang mata pecah, sehingga pandangan menjadi kabur.

Itulah tips kesehatan terkait dengan beberapa gejala awal penderita diabetes. Namun begitu, akan lebih baik bila Anda mengecek gula darah Anda secara teratur ke dokter.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif