News
Jumat, 23 Januari 2015 - 20:33 WIB

BAMBANG WIDJOJANTO DITANGKAP : Inilah Sepak Terjang Sugianto, Politikus PDIP dan Mantan Suami Ussy Sulistyawati

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Politikus PDIP Sugianto Sabran di Mabes Polri, Jumat (23/1/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Reno Esnir)

Bambang Widjojanto ditangkap setelah dilaporkan oleh pria bernama Sugianto Sabran ke Bareskrim. Ini sekelumit sepak terjangnya.

Solopos.com, JAKARTA — Kuasa hukum Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto, Nursyahbani Katjasungkana, menyebut nama H. Sabran sebagai pelapor Bambang ke Bareskrim. Tanpa disangka, pelapor tersebut juga ada di Bareskrim pada saat yang sama.

Advertisement

Bahkan di tengah penjelasan Nursjahbani, Sabran pun ikut menyela. “Ibu nggak usah bela-bela dia, saya ini korban, BW itu busuk!” kata Sabran yang mengenakan kemeja batik coklat motif parang dan peci hitam, seperti dikutip Detik.

“Kita sempat memeriksa surat penangkapan. Dinyatakan ada laporan ke polisi yang dilakukan oleh H. Sabran, 19 Januari 2015,” kata Nursyahbani Katjasungkana dalam keterangan persnya di Bareskrim, seperti dilaporkan Solopos.com sebelumnya.

Nama lengkapnya Sugianto Sabran atau dulu sering dikenal sebagai Yusuf Sugianto. Dokumentasi berbagai sumber menyebutkan Yusuf Sugianto adalah seorang pengusaha asal Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Namanya pernah naik daun saat menikahi artis Ussy Sulistyowati yang belakangan sudah bercerai. Namun pada 2006, namanya ramai di media massa ramai terkait kasus illegal logging.

Advertisement

Pada 2010 lalu, Sugianto maju sebagai calon bupati bersama pasangannya, Eko Soemarno, dalam Pilkada Kotawaringin Barat. Pasangan ini unggul dalam pemungutan suara pada Juni 2010. Namun kemenangannya digugat oleh rivalnya, Ujang Iskandar-Bambang Purwanto, ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Ujang, yang merupakan incumbent, menggandeng Bambang Widjojanto sebagai pengacara. Dalam sidang sengketa Pilkada Kotawaringin Barat 2010, MK mendiskualifikasi pasangan H. Sugianto dan H. Eko Soemarno yang saat itu diusung PDIP, Gerindra, dan PAN. MK memerintahkan KPU Kotawaringin Barat untuk menetapkan pasangan Ujang Iskandar dan Bambang Purwanto sebagai Bupati dan Wakil Bupati.

Berikut data Sugianto Sabran dihimpun dari infocaleg.org:
– Anggota DPR-RI PDIP Periode 2009-2014
– Caleg DPR-RI PDIP 2014-2019 Dapil Kateng No.Urut 4
– Domisili: Jakarta Selatan
– Pendidikan Terakhir: S2
– Riwayat pendidikan
>> MI Negeri Mendawai
>> MTs Pangkalan Bun
>> SMEAN 1 Pangkalan Bun

Advertisement

Riwayat organisasi
>> Pemuda Panca Marga Pangkalan Bun

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif