Otomotif
Rabu, 21 Januari 2015 - 17:10 WIB

TREN MOBIL : Warna Mobil Favorit Tahun 2015

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pameran otomotif (Dok/JIBI/Solopos)

Tren mobil 2015 didominasi dengan warna putih.

Solopos.com, DETROIT – Stand Volkswagen di pameran mobil Detroit, Amerika Serikat, dominan dengan warna putih, mulai dari kendaraan yang dipamerkan, furnitur, hingga tangga. Desainer Oona Scheepers dari Volkswagen mengatakan warna putih untuk mobil menjadi tren pada 1970an dan 1980an, lalu tiba-tiba menghilang.

Advertisement

“Sepuluh tahun terakhir kami menyadari warna putih mulai meningkat. Dan itu tentu seiring era Ipod Apple yang hadir dengan warna putih dan sentuhan krom atau metal,” ujarnya mengungkapkan warna mobil yang menjadi ten 2015.

“Kombinasi itu terlihat bagus dan segar. Sebelumnya putih tidak terlalu laku di Eropa karena orang mengasosiasikannya dengan mobil barang dan kelihatan murahan,” lanjut Oona Scheepers.

Advertisement

“Kombinasi itu terlihat bagus dan segar. Sebelumnya putih tidak terlalu laku di Eropa karena orang mengasosiasikannya dengan mobil barang dan kelihatan murahan,” lanjut Oona Scheepers.

Meskipun demikian, Scheepers mengatakan kebanyakan mobil Volkswagen yang laku terjual berwarna hitam. Seperti apa orang  yang memilih mobil warna hitam?

“Bisa saja orang yang sporty. Tapi orang-orang di negara beriklim panas suka putih,” katanya lalu mengemukakan warna putih menjadikan mobil mudah terlihat oleh pengendara lain.

Advertisement

“Putih terlihat bersih dan sangat modern. Jadi sebagian besar mobil terlihat bagus dalam warna putih,” katanya di Detroit. Warna lainnya yang populer meliputi hitam dan perak, juga white blue.

Sebagaimana dilansir Antara, Selasa (20/1/2015), Lampinen mengidentifikasi hanya ada sedikit perbedaan selera di berbagai negara karena globalisasi. Lingkungan, budaya dan iklim dapat mempengaruhi pilihan warna mobil.

Meskipun demikian, Scheepers melihat ada perbedaan kontras antara beberapa negara, misalnya AS dan Tiongkok.

Advertisement

“Tiongkok suka warna mencolok. Amerika lebih suka warna yang kalem. Putih sangat laku di Amerika Serikat namun  ada juga yang suka warna cokelat sampanye dan merah,” kata dia.

“Namun Tiongkok menyukai warna emas, hijau ekstrim –campuran hijau dan coklat— sangat ekspresif.”

Hal itu juga berlaku pada interior kendaraan, kata Scheepers, seperti konsumen Tiongkok yang lebih memilih desain mencolok. Meskipun demikian, riset Volkswagen memunculkan hasil anomali, kata Scheepers.

Advertisement

Menurut riset tren mobil, pembeli berusia muda lebih memilih kendaraan berwarna kalem, sementara pembeli berusia dewasa lebih menyukai warna cerah.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif