Sport
Rabu, 21 Januari 2015 - 02:25 WIB

PIALA ASIA 2015 : Jepang dan Irak Tim Terakhir Lengkapi Babak 8 Besar

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Piala Asia 2015 babak kualifikasi grup berakhir, Selasa (20/1/2015). Dua tim terakhir yang melengkapi babak 8 besar adalah Jepang dan Irak.

Solopos.com, MELBOURNE— Jepang memastikan lolos ke babak perempat final Piala Asia 2015 sebagai juara Grup D setelah mengukir kemenangan 2-0 atas Yordania di laga pamungkas, Selasa (20/1) sore WIB.

Advertisement

Dalam pertandingan yang lain di grup yang sama, Irak membungkam Palestina dua gol tanpa balas untuk memastikan satu tiket tersisa ke putaran delapan besar. Tim Samurai Biru, julukan Jepang, melenggang ke fase knockout dengan nilai sempurna dari tiga laga, sedangkan Irak berstatus runner-up grup dengan mengantongi enam poin.

Sebagai juara bertahan, Jepang sejak awal difavoritkan menjuara babak penyisihan Grup D dengan tiga tim pesaingnya adalah Irak, Yordania, dan Palestina. Prediksi itu tak meleset dan Yasuhito Endo dkk. selalu mendulang poin sempurna dalam tiga pertandingan. Di laga terbaru melawan Yordania di Stadion AAMI Park, Melbourne, pahlawan kemenangan Jepang adalah Keisuke Honda dan Shinji Kagawa.

Honda yang juga bintang AC Milan membawa skuat Samurai Biru memimpin dengan golnya pada menit ke-24. Kagawa menggandakan keunggulan Jepang berkat gol yang ia bukukan delapan menit menjelang bubar.

Advertisement

Di babak perempat final, Jepang akan bertemu runner-up Grup C, Uni Emirat Arab, sedangkan Irak akan menantang Iran yang juga juara Grup C. Sementara itu, hasil undian di babak delapan besar memastikan duel Tiongkok dan Australia serta Korea Selatan (Korsel) akan menantang Uzbekistan.

Pelatih Jepang, Javier Aguirre, mengungkapkan kemenangan atas Yordania tidak didapatkan dengan mudah. “Ini adalah dengan intensitas tinggi dan kerja keras… Lawan menuntut yang terbaik dari kami,” ujar Aguirre dilansir news.yahoo.com, Selasa.

Di sisi lain, Aguirre menegaskan timnya sudah ditunggu laga berat melawan Uni Emirat Arab di babak perempat final. “Laga yang sulit sudah menunggu dan kami berharap akan terus melaju dengan tidak kebobolan,” kata manajer asal Meksiko itu. (Triyono/JIBI/Solopos)

Advertisement

Para pemain Jepang merayakan kemenangan dalam laga Asian Cup 2015. Ist/abc.net

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif