News
Rabu, 21 Januari 2015 - 00:10 WIB

ISIS : Duh, Remaja Korsel Kabur Demi Bergabung ISIS

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi ISIS (Istimewa)

ISIS menjadi kekhawatiran seluruh negara di dunia. Di Korea Selatan salah satu remaja bahkan kabur dari rumah demi bisa bergabung menjadi anggota ISIS.

Solopos.com, SEOUL –Seorang remaja asal Seoul, Korea Selatan (Korsel) diduga kabur dari rumahnya dan bergabung dengan kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Polisi setempat mendapati komputer remaja itu penuh dengan foto-foto militan ISIS.

Advertisement

Seorang remaja warga negara Korea Selatan berusia 18 tahun itu dinyatakan hilang dalam perjalannya menuju Turki. Remaja dengan nama keluarga Kim itu dinyatakan hilang pada 10 Januari 2015 lalu.

Diberitakan situs Antaranews dari surat kabar Milliyet, Senin (19/1/2015), sang remaja diketahui telah saling berkomunikasi via email dengan pihak ISIS. Diduga, remaja itu sudah menyeberang ke Suriah untuk bergabung dengan kelompok teroris ISIS.

Pada akhir pekan lalu, Menteri Luar Negeri Korsel mengatakan tidak melihat bukti kuat bahwa Kim telah memasuki Suriah atau bergabung dengan kelompok tersebut. Polisi Korea Selatan yang menyelidiki hilangnya remaja itu memeriksa kamar Kim di Seoul dan memeriksa komputer pribadinya.

Advertisement

“Ada beberapa foto milisi memikul senjata membawa apa yang terlihat seperti bendera ISIS di komputernya,” kata seorang detektif polisi Seoul yang menyelidiki kasus itu.

Selain menemukan gambar-gambar ISIS, dalam komputer itu polisi juga menemukan sebuah email mencurigakan atas nama Hassan. Dari email itu diketahui Hassan merupakan teman Kim di dunia maya yang berasal dari Turki.

Pada awalnya orang tua Kim tidak curiga. Mereka mengizinkan anaknya pergi ke Turki dengan syarat ditemani seorang teman keluarga. Mereka juga mengaku bahwa sebelumnya Kim juga pernah menceritakan mengenai seseorang bernama Hassan.

Advertisement

Kim merupakan remaja putus sekolah. Sebelum menghilang, Kim selalu menghabiskan waktunya di rumah untuk bermain game dan computer. Kini Kim hilang dan diduga kuat ingin menjadi anggota ISIS.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif