Jogja
Rabu, 21 Januari 2015 - 21:40 WIB

INVESTASI DI KULONPROGO : Warga Berharap Tidak Digusur

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Salah satu warung di Kawasan Industri Sentolo yang berada di Desa Salamrejo, Kecamatan Sentolo, Selasa (20/1/2015). (JIBI/Harian Jogja/Holy Kartika N.S.)

Investasi di Kulonprogo, utamanya di kawasan industri Sentolo diharapkan tidak berakhir pada penggusuran warga.

Harianjogja.com, KULONPROGO – Pembangunan dan pengembangan kawasan industri disambut baik warga Desa Salamrejo, Sentolo. Namun, warga yang berjualan di sekitarnya berharap tidak ada penggusuran, apabila kawasan industri itu berkembang.

Advertisement

“Harapan saya, semoga tidak digusur dan diizinkan untuk berjualan di sini,” ujar Sugi, 50, warga Dusun Salam, Desa Salamrejo saat ditemui Harian Jogja di warungnya, Selasa (20/1/2015).

Sugi mengaku, senang dan tidak keberatan apabila daerah tersebut menjadi kawasan industri. Dia mengatakan, kelak kawasan tersebut akan mendatangkan berkah bagi usahanya.

“Saya sudah lama berjualan di sini dan tanah ini adalah milik bapak yang diwariskan ke saya. Tidak masalah kalau mau dikembangkan, asalkan saya masih bisa tetap berjualan,” ungkap Sugi.

Advertisement

Hal senada juga disampaikan Parjo, 48, warga lainnya. Sejak ditetapkan menjadi kawasan industri, jalan di kawasan itu ramai dilalui kendaraan. Terutama kendaraan- kendaraan alat berat yang mengangkut material atau bahan baku untuk disetorkan ke pabrik yang ada di desa ini.

“Makin ramai kendaraan, apalagi sekarang ini mulai banyak pabrik yang akan dibangun. Banyak sopir-sopir truk yang mampir untuk istirahat. Saya jadi diuntungkan, belum nanti kalau sudah banyak pabrik yang berdiri, pasti akan makin ramai,” ungkap pedagang makanan ini.

Sementara itu, Pelaksana Harian Kepala Desa Salamrejo Surono mengatakan, ditetapkannya desa ini sebagai salah satu kawasan industri Sentolo akan turut memberikan dampak positif bagi warga. Menurut dia, pembangunan kawasan industri itu memberikan masa depan cerah bagi penduduk yang ada di sekitarnya. Apalagi, jika kawasan industri itu dapat memberikan kesempatan kerja bagi warga.

Advertisement

“Warga pada dasarnya sangat endukung rencana itu. Kami juga berharap dengan berkembangnya berbagai industri nantinya dapat menyerap tenaga kerja dari warga sekitar, sehingga membuka peluang kerja bagi warga kami,” papar Surono.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif