Jatim
Rabu, 21 Januari 2015 - 11:05 WIB

BAYI KEMBAR LIMA : Luar Biasa, Bayi Ini Rela Berkorban Demi Keselamatan Keempat Saudara Kembarnya

Redaksi Solopos.com  /  Aries Susanto  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi bayi kembar (aaj.tv)

Bayi kembali lima lahir dalam sekali persalinan merupakan peristiwa sangat langka. Satu di antaranya meninggal dunia ketika masih di dalam kandungan. Inilah penjelasan medisnya.

Madiunpos.com, TULUNGANGUNG – Sebuah kejadian langka mengejutkan warga di Kabupaten Tulungagung Jawa Timur (Jatim).

Advertisement

Seorang ibu, Yuni Yuanita, 34, warga setempat melahirkan lima anak berjenis kelamin perempuan dalam sekali persalinan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Iskak Tulungagung, Selasa (20/1/2015).

Sayang, satu di antara kelima bayi tersebut meninggal dunia ketika masih dalam kandungan alias masih berujud orok.

Dokter kandungan yang menangani proses persalinan Yuni Yuanita, dr Irfani Baihaqi menjelaskan, dalam dunia persalinan, meninggalnya satu bayi kembar disebut dengan istilah “twin to twin tranfusion”, yakni suatu kondisi medis yang ditandai dengan distribusi yang tidak merata dari aliran darah di antara sepasang kembar monozigotik (identik) yang berbagi plasenta.

Advertisement

Kondis inilah yang kemudian memunculkan istilah bayi donor, yakni salah satu bayi yang harus rela menerima suplai darah lebih sedikit demi kelangsungan hidup bayi lainnya.

Sedangkan bayi kembar lainnya yang lebih banyak menerima suplai darah dikenal dengan istilah bayi resipien.

“Jadi bayi (orok) yang mengrorbankan dirinya itu bertujuan agar bayi lainnya bisa tetap hidup,” urainya kepada wartawan, sebagaimana diberitakan Kantor Berita Antara, Rabu (21/1/2015).

Advertisement

Berdasar catatan medis di RSUD dr Iskak, Yuni dinyatakan menjalani proses persalinan sejak, Senin (19/1) sore, setelah merasakan mual dan mengalami gejala pecah ketuban.

Bersama suaminya, Hermawan Risdianto, 35, Yuni kemudian pergi ke RSUD dr Iskak sekitar pukul 23.50 WIB. Yuni dinyatakan mulai melahirkan pada Sealsa pukul 00.40 WIB.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif