Otomotif
Rabu, 21 Januari 2015 - 20:05 WIB

BAN MOTOR : Michelin Bidik Pasar Motor Sport Jatim

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ban motor kini dilirik produsen ban PT Michelin Indonesia yang biasanya lebih banyak berkiprah di pasar ban kendaraan roda empat.

Solopos.com, SURABAYA — Produsen ban PT Michelin Indonesia tahun 2015 ini membidik pasar ban motor sport di Jawa Timur. Langkah itu dilakukan Michelin sejalan dengan bertumbuhnya kontribusi pengguna sepeda motor sport di Indonesia hingga 14%.

Advertisement

Bayu Surya Pamugar, Country of Sales and Marketing Two Wheels Division Michelin Indonesia, mengatakan selama ini ban radial Michelin lebih banyak bermain di pasar kendaraan roda empat karena kebutuhan performance mobil yang berkecepatan tinggi. Tumbuhnya pasar roda dua rupanya menarik pasar ban motor.

“Kami sekarang memasarkan ban radial untuk menunjang pertumbuhan motor sport di Indonesia yang berkontribusi 14% pada tahun lalu dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang hanya 11% dari total sepeda motor,” jelasnya dalam peluncuran Ban Michelin Pilot Street Radial, di Surabaya, Rabu (21/1/2015).

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia, penjualan motor sport pada 2014 tercatat mencapai 1,106 uta unit atau naik dibandingkan penjualan 2013 yakni 1,01 juta unit.

Advertisement

Aneka Merek
Dia mengatakan perkembangan motor sport di Indonesia dulu tidak banyak, tetapi kini berbagai macam merek motor sport masuk pasar dalam negeri, seperti Honda, Yamaha, Kawasaki, Ducati, BMW, Bajaj, KTM, Aprila, Triumph, TVS, Beneli dan MV. “Potensi pasar ban radial kami di sini sangat besar, karena ban radial memang diciptakan untuk motor sport yang memiliki CC lebih besar dibandingkan motor bebek dan skutik,” ujar Bayu.

Adapun ban radial yang memiliki lapisan serat baja milik Michelin itu ditawarkan untuk ring 17 dengan ukuran 120/70, 150/60, dan 160/60 yang akan melengkapi varian Michelin radial yang ditawarkan sebelumnya yakni ukuran 110/70, 130/70 dan 140/70. Keseluruhan produk ban Michelin ditawarkan mulai harga Rp200.000-Rp2 juta.

Dani Wirawan, Managing Director Kevindo Prima, distributor Michelin Jatim, mengatakan dalam pemasarannya di Jawa Timur, pihaknya bekerjasama dengan outlet-outlet sparepart di daerah-daerah. “Kebanyakan outlet kami ada di Surabaya dan Malang, di beberapa kabupaten masih satu dan dua otlet,” ujarnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif