Lifestyle
Selasa, 20 Januari 2015 - 05:40 WIB

TIPS KESEHATAN : Stop! Jangan Gunakan Sendok Makan untuk Minum Obat

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi sendok makan untuk minum obat (Detik.com)

Tips kesehatan kali ini terkait dengan alat yang tepat untuk mengukur dosis obat cair.

Solopos.com, SOLO – Minum obat cair dengan menggunakan alat ukur sendok dapur, memang terlihat tidak keliru, namun tahukah Anda?

Advertisement

Secara medis, mengukur dosis obat cair dengan sendok dapur tidak dianjurkan. Tips kesehatan tersebut, karena sendok dapur bukan alat ukur akurat untuk minum obat.

Dilansir Lifehacker, Jumat (16/1/2015), sendok dapur yang dimaksud adalah sendok teh atau sendok makan. Dalam sebuah penelitian di Pediatrics, secara umum orang mengukur dosis obat cair menggunakan sendok dapur.

Meski terlihat sebagai suatu hal yang sederhana, penggunaan sendok makan atau sendok teh ternyata berakibat cukup fatal, karena dosis obat yang diberikan besar kemungkinan tidak sesuai dengan saran dokter.

Advertisement

Kesalahan pemberian dosis obat, akan berakibat pada penyakit yang mengalami proses penyembuhan lebih lama, atau bahkan berakibat overdosis untuk pasien. Terkait dengan itu, para peneliti menyarankan agar menggunakan alat penakar yang telah tersedia di kemasan obat.

Apabila alat ukur tersebut tidak tersedia dalam kemasan, peneliti menyarankan agar membeli alat ukur obat yang tersedia secara terpisah di apotek.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif