Soloraya
Senin, 19 Januari 2015 - 23:15 WIB

TRANSPORTASI SOLO : Dishub Pastikan Februari Railbus Bathara Kresna Solo-Wonogiri Beroperasi

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Railbus Bathara Kresna (Dok/JIBI/Solopos)

Transportasi Solo bakal bertambah. Railbus Bathara Kresna rute Solo-Wonogiri akan beroperasi bulan depan.

Solopos.com, SOLO — Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo memastikan Februari Railbus Bathara Kresna mulai beroperasi. Kereta Api buatan Madiun tersebut akan mengambil rute Kota Solo sampai Kabupaten Wonogiri.

Advertisement

Kepala Bidang Angkutan Dishubkominfo Solo, Sri Indarjo, mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo sudah mendapatkan konfirmasi dari PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) soal pengoperasian railbus. Kepastian tersebut, kata dia, diperkuat dengan perbaikan jalur kereta api Solo-Wonogiri yang telah dilakukan oleh PT KAI.

“Kami pastikan Railbus Bathara Kresna bulan depan mulai beroperasi. Ujicoba sudah pernah dilakukan beberapa kali sekarang tinggal pengoperasiannya,” ujar Indarjo ketika ditemui Solopos.com di Car Free Day (CFD), Minggu (18/1/2015).

Dia mengatakan pengoperasian railbus dengna rute Solo-Wonogiri bertujuan untuk menganti kereta perintis jarak dekat yang sebelumnya sudah ada di jalur tersebut. Masyarakat yang tinggal disepanjang rute (Solo, Sukoharjo, dan Wonogiri), kata dia, diharapkan bisa memanfaatkan transpostasi massal ini dengan baik.

Advertisement

“Masyarakat di tiga kabupaten dan Kota itu tidak perlu lagi menggunakan kendaraan pribadi saat berpergian dan bisa menggunakan kereta itu sebagai pengganti,” kata dia.

Ditanya mengenai harga tiket railbus dengan rute Solo-Wonogiri, Indarjo menjelaskan masih dirapatkan ditingkat PT KAI dan Kemenhub. Beberapa hari sebelum kerata dioperasikan, kata dia, harga tiket akan segera diumumkan kepada masyarakat.

Dia mengatakan berbagai persiapan telah dilakukan untuk pengoperasian kereta itu. Persiapan tersebut, kata dia, meliputi perbaikan jalur, petugas penjaga palang pintu, pengatur lalu lintas, jadwal pemberangkatan hingga beberapa aspek lainnya yang menunjang pengoperasian kereta.

Advertisement

“Persiapan jalur juga melibatkan tiga daerah [Solo, Sukoharjo, dan Wonogiri]. Persiapan koordinasi sekarang mendekati tahapan akhir tinggal pengoperasiannya saja,” jelas dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo, Yosca Herman Soedrajat, mengatakan pengoperasian railbus sangat membantu Pemkot Solo dalam menangani kemacetan. Selama ini, kata dia, di daerah perbatasan seperti Solo-Sukoharjo sering terjadi macet, terutama pada liburan panjang.

“Kami berharap dengan pengoperasian railbus bisa mengurangi jumlah kendaraan pribadi dan mengurangi kemacetan di daerah perbatasan,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif