Soloraya
Senin, 19 Januari 2015 - 11:30 WIB

PILKADA KLATEN : Koalisi Merah Putih Rapatkan Barisan

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemungutan suara Pemilu 2014 (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)

Pilkada Klaten segera digelar. Suhu politik mulai memanas, parpol semakin merapatkan barisan.

Solopos.com, KLATEN — Enam partai politik (parpol) yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih mulai merapatkan barisan untuk membahas Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Klaten yang akan diadakan Desember 2015. Pertemuan untuk membahas pilkada tersebut dilakukan Minggu (18/1/2015) malam.

Menurut Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Golongan Karya (Golkar) Klaten, Anang Widayaka, pertemuan itu berupa koordinasi internal enam ketua parpol yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih. Pertemuan itu untuk membahas langkah-langkah politik dalam Pilkada Klaten.

Advertisement

“Di dalam pertemuan itu, enam pimpinan parpol dari Golkar, Gerindra [Gerakan Indonesia Raya], PAN [Partai Amanat Nasional], PKS [Partai Keadilan Sejahtera], PPP [Partai Persatuan Pembangunan], dan PBB [Partai Bulan Bintang] akan membahas hal-hal tentang pilkada. Salah satunya koalisi partai untuk menjaring bakal calon bupati,” katanya saat dihubungi Solopos.com, Minggu (18/1/2015).

Di sisi lain, internal Partai Golkar juga akan mengadakan pertemuan dengan semua pimpinan struktural di kecamatan untuk mendengar aspirasi dari masyarakat.

Meskipun saat ini ia masih menunggu aturan dan proses islah dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar, namun ia sudah memiliki rencana dalam pejaringan bakal calon bupati dalam Pilkada Klaten.

Advertisement

“Kami akan menjaring suara dari bawah melalui pimpinan struktural partai di kecamatan. Selanjutnya, kami yang baru memiliki delapan kursi di DPRD harus berkoalisi dengan parpol lainnya. Sebab, sesuai persyaratan KPU [Komisi Pemilihan Umum], parpol yang boleh mengajukan bakal calon bupati minimal mendapat 10 kursi di DPRD Klaten,” ujarnya.

Setelah mendapat gabungan parpol, pihaknya akan menentukan persyaratan secara internal untuk penjaringan bakal calon bupati serta tahapannya. Ia juga berencana melakukan penjaringan itu secara terbuka untuk memberikan kesempatan bagi warga Klaten.

“Rencana kami setelah dapat koalisi, penjaringan bakal calon bupati kami lakukan secara terbuka untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat. Kami juga berharap bisa mendapatkan bakal calon bupati yang memiliki kualitas yang baik,” imbuhnya.

Advertisement

Sementara itu, Ketua DPD PAN Klaten, Darmadi, juga mengatakan hal serupa. Semua pimpinan parpol yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih akan membahas Pilkada Klaten, Minggu malam.

“Nanti malam baru kumpul dengan ketua-ketua parpol dalam Koalisi Merah Putih. Langkah selanjutnya dari internal PAN, akan kami tentukan setelah pertemuan itu,” katanya, Minggu.

Advertisement
Kata Kunci : Pilkada Klaten
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif