Lifestyle
Minggu, 18 Januari 2015 - 15:00 WIB

MASA SUBUR : Inilah Cara Mengetahui Masa Tersubur Anda

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Istimewa/healthdoctrine.com)

Masa subur sudah sering diketahui tanda-tandanya. Namun bagaimana mengetahui masa paling subur Anda? Ini caranya.

Solopos.com, JAKARTA — Untuk mengetahui masa subur Anda bisa melihat dari siklus menstruasi yakni lendir leher rahim yang keluar mengalami peningkatan volume dan perubahan tekstur.

Advertisement

Karena menurut menurut Dr. Morag Martindale yang dikutip dari BabyCentre Pregnancy Question And Answers, hal tersebut mencerminkan peningkatan kadar estrogen dalam tubuh. Ini dianggap sebagai tanda masa paling subur karena lendir menjadi jernih, licin, dan kental.

Dia menjelaskan peran lendir dalam hal ini sangat penting karena berfungsi memberi nutrisi, melindungi sampai menambah kecepatan sperma menuju rahim dan saluran telur.

Terjadinya ovulasi membawa tanda mulai dari rasa nyeri ringan sampai berdenyut. Hampir 20% wanita merasakan hal ini dan sebagian menggambarkannya seperti nyeri di satu sisi punggung atau nyeri lain yang spesifik.

Advertisement

Rasa nyeri ini yang juga disebut secara medis sebagai mittelschmerz ini bisa berlangsung beberapa menit sampai beberapa jam lamanya. Menurut Morag, jika Anda memperhatikan jenis nyeri yang sama pada waktu yang kurang lebih sama setiap bulan, maka periksalah kondisi lendir leher rahim juga. Karena nyeri ovulasi bisa menjadi pedoman yang bermanfaat bagi sebagian wnaita untuk mengetahui masa suburnya.

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Masa Subur
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif