Lifestyle
Minggu, 18 Januari 2015 - 16:15 WIB

KULINER SOLO : Di Sini Tempat Jajan Olahan Durian di Solo...

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tampilan pancake durian nan legit (Farid Syafrodi/JIBI/Solopos)

Kuliner Solo diwarnai legitnya olahan durian. Mau tahu lokasi jajan olahan durian nan legit itu di Solo? Berikut ini  sedikit di antaranya…

Solopos.com, SOLO — Siapa yang tak kenal buah durian? Buah legit yang hanya muncul pada musim tertentu ini juga sangat lezat dibuat berbagai sajian, baik untuk minuman, saus, maupun pancake. Daging buahnya yang manis dengan aroma khas, memang membuat banyak orang menggemari durian. Dengan sedikit sentuhan kreativitas, durian bisa pula dipadukan dengan makanan atau minuman lain yang lezat dan mewarnai khazanah kuliner Solo.

Advertisement

Satu di antara tawaran olahan durian dalam khazanah kuliner Solo bisa didapatkan di kedai Crazy Coconuts. Buah durian di kedai itu diolah menjadi minuman. Jika biasanya durian dipakai untuk topping es teler, di kedai yang beralamat di Jl. dr Sutomo No. 12, Kalitan, Solo, ini daging durian dipadu dengan air kelapa muda dan daging kelapa muda. Minuman bernama D’Sharp Grenade ini menawarkan rasa yang unik.

Sebelum diminum, durian terlebih dahulu diaduk merata dengan air kelapa hingga minuman yang semula encer menjadi agak kental. Bila tak diaduk rata, aroma durian dalam kuliner Solo ini bisa jadi tak begitu terasa.

Advertisement

Sebelum diminum, durian terlebih dahulu diaduk merata dengan air kelapa hingga minuman yang semula encer menjadi agak kental. Bila tak diaduk rata, aroma durian dalam kuliner Solo ini bisa jadi tak begitu terasa.

Kesegaran air kelapa muda sangat menonjol ketika minuman ini membasahi kerongkongan. Sedangkan daging durian tanpa biji menjadi perasa manis dalam minuman ini. Segelas D’Sharp Grenade ukuran medium dihargai Rp18.000 dan ukuran jumbo Rp23.000 per gelas.

“Degan durian ini termasuk menu yang paling
diminati pengunjung,” ujar pemilik kedai Crazy Coconuts, Irwan Aprianto, saat berbincang dengan Solopos.com, belum lama ini.

Advertisement

Saus ini dijadikan topping. Rasa manis asam dari pisang raja sangat klop dipadukan dengan saus durian yang lembut, hangat, dan legit. Seporsi pisang saus durian dihargai Rp10.000.

Salah satu pengunjung kedai Crazy Coconuts, Fitria, mengaku suka menyantap Pisang Saus Durian. “Manisnya itu asli dari durian dan pisang, bukan dari tambahan gula. Kalau ditambah gula mungkin malah rasanya agak eneg,” kata Fitria.

Pancake Durian
Sajian berbahan dasar durian juga disuguhkan di outlet Leola Pancake Durian di lantai dasar The Park Mall, Solo Baru. Outlet ini hanya menyediakan satu jajanan berupa pancake durian berselimut dadar tepung tipis berwarna hijau.

Advertisement

Dadar tepung berisi daging durian yang diberi topping krim putih. Krim tersebut berfungsi untuk menempelkan durian dengan dadar. Pancake ini lebih nikmat disajikan dingin.

Rasa durian dari pancake ini sangat terasa karena tanpa dicampur bahan apa pun dan tanpa bahan pengawet. Dingin dan lembutnya pancake ini hampir sama dengan es krim. Karena tanpa pengawet, pancake ini tidak dianjurkan lama di luar lemari es.

“Saat keluar dari freezer, pancake didiamkan dulu sekitar 15 menit baru dimakan,” ujar pemilik Leola Pancake Durian, Marina.

Advertisement

Satu pancake Leola dijual Rp10.000 dan Rp15.000 sesuai ukuran. Ada juga pancake durian isi delapan atau 12 dengan harga Rp120.000.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif