News
Jumat, 16 Januari 2015 - 10:15 WIB

KISAH INSPIRATIF : Malaysia Luncurkan Bioskop Khusus untuk Penyandang Tunanetra

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi bioskop (JIBI/dok)

Kisah inspiratif ini datang dari negeri jiran, Malaysia. Persatuan Bagi Orang Buta Malaysia (MAB) bekerja sama dengan Maybank Bhd telah memperkenalkan bioskop khusus bagi penyandang tunanetra.

Solopos.com, KUALA LUMPUR – Kalangan tunanetra di Malaysia kini bisa menikmati tayangan bioskop khusus yang memungkinkan mereka bisa menonton tayangan film layaknya orang normal.

Advertisement

Persatuan Bagi Orang Buta Malaysia (MAB) bekerja sama dengan Maybank Bhd telah memperkenalkan bioskop khusus bagi penyandang tunanetra.

Yang membedakan bioskop tersebut dengan bioskop biasa adalah visual dipaparkan disertai sistem audio yang menjelaskan tentang adegan atau pergerakan dalam film tersebut.

Kepala Pegawai Eksekutif MAB Datuk S. Ganesan seperti dikutip media-media lokal, Jumat (16/1/2015), mengatakan bioskop khusus tersebut merupakan yang pertama dilancarkan di Malaysia dan Asia Tenggara untuk memberikan peluang bagi penderita kebutaan menikmati tayangan film.

Advertisement

“Bioskop khusus yang menyediakan paparan visual beserta audio penerangan tentang tayangan film tersebut merupakan inisiatif pertama di kawasan ini,” katanya.

Meski menghadapi masalah penglihatan, lanjut dia, penyandang tunanetra dapat membayangkan jalan cerita film tersebut dengan mendengarnya dari hati dan pikiran.

Bioskop khusus tersebut bisa menampung sebanyak 180 penonton.

Advertisement

“Bioskop ini akan menayangkan film sebulan sekali gratis bagi golongan cacat penglihatan,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif