Jogja
Kamis, 15 Januari 2015 - 15:40 WIB

PENATAAN KULONPROGO : ADB Kunjungi Waduk Sermo, Siap Bantu Pembangunan

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Asian Development Bank (ADB) saat mendengarkan pemaparan tentang Waduk Sermo dalam kunjungannya ke Kulonprogo, Rabu (14/1/2015). (JIBI/Harian Jogja/dok. Humas Pemkab Kulonprogo)

Penataan Kulonprogo, ADB siap membantu pembangunan di daerah tersebut.

Harianjogja.com, KULONPROGO – Kunjungan Asian Development Bank (ADB) disambut baik pemerintah Kulonprogo. Pemkab berharap bank dunia ini dapat turut membantu pembangunan di Kulonprogo, yakni pembangunan irigasi dan Bedah Menoreh.

Advertisement

“Kami melihat pembangunan Waduk Sermo berjalan sukses. Kesuksesan tersebut dapat dijadikan model untuk mengembangkan proyek-proyek sejenis,” ujar Presiden ADB Takehiko Nakao saat mengunjungi Waduk Sermo dan Kawasan Pertanian di Pengasih, Rabu (14/1/2015).

Nakao mengungkapkan secara umum pihaknya mendukung penataan Kulonprogo, utamanya pembangunan jalan. Apalagi saat ini, pemerintah Indonesia sangat mendorong pentingnya konektivitas maritim. Selain membantu di sektor tersebut, ADB juga turut berkonsentrasi untuk membantu sektor energi dan pendidikan.

“Kami juga bertemu dengan presiden. Berdiskusi tentang ketahanan pangan. Bahkan, kami juga membicarakan rencana pembangunan 49 waduk baru di seluruh Indonesia,” ujar Nakao.

Advertisement

Waduk Sermo menjadi kawasan utama dalam sistem irigasi pertanian di Kulonprogo. Wakil Bupati Sutedjo memaparkan, ke depan peningkatan saluran irigasi akan terus diupayakan. Pasalnya, upaya cetak sawah baru untuk melipatgandakan produksi padi akan memerlukan cukup pengairan. Sutedjo mengungkapkan, untuk mewujudkan hal itu, pembangunan embung atau waduk mini akan mencoba direalisasikan.

“Selain itu, bila memungkinkan kami akan memperjuangkan pembangunan Bedah Menoreh. Namun, kami belum bisa mengonsultasikan apakah bantuan dari ADB dapat mencakup proyek tersebut,” jelas Sutedjo.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif