Sport
Rabu, 14 Januari 2015 - 19:10 WIB

PIALA ASIA 2015 : Arab Saudi dan Tiongkok Melaju ke Perempatfinal

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pemain Korea Utara Pak Kwang Ryong (Ki), dan pemain Saudi Arabia Omar Hawsawi (tengah) serta Saud Kariri melompat berebut bola dalam laga Asian Cup Grup B di Rectangular stadium, Melbourne. JIBI/Reuters/Brandon Malone

Solopos.com, MELBOURNE — Arab Saudi dan Tionkok melaju ke perempatfinal Piala Asia 2015. Hasil itu diraih Arab Saudi seusai menang telak 4-1 atas Korea Utara di AAMI Park, Melbourne dan Tiongkok memastikan diri lolos dari fase grup Piala Asia 2015 setelah mengalahkan Uzbekistan dengan skor 2-1.

Kemenangan ini sekaligus mengobati luka Arab Saudi pascatakluk 0-1 dari Tiongkok di laga perdana lalu. Tambahan tiga poin membuat Arab Saudi memuncaki klasemen sementara Grup B.

Advertisement

Meski menang telak, tim asuhan Cosmin Olaroiu tidak meraihnya dengan mudah. Terbukti, di laga ini Arab Saudi justru harus tertinggal lebih dahulu 0-1 dari Korea Utara. Gara-garanya adalah gol gelandang Yong-Gi Ryang pada menit ke-11.

Namun, Arab Saudi mampu menyamakan kedudukan jadi 1-1 delapan menit jelang babak pertama seusai melalui gol yang dicetak Naif Hazazi (37). Gol ini sekaligus membayar utang Hazazi yang gagal mencetak gol dari penalti saat takluk dari Tiongkok.

Advertisement

Namun, Arab Saudi mampu menyamakan kedudukan jadi 1-1 delapan menit jelang babak pertama seusai melalui gol yang dicetak Naif Hazazi (37). Gol ini sekaligus membayar utang Hazazi yang gagal mencetak gol dari penalti saat takluk dari Tiongkok.

Memasuki babak kedua, Arab Saudi mengamuk. Dua gol dalam selang waktu dua menit yang dijaringkan Mohammad Al Sahlawi pada menit ke-52 dan 54 bikin Arab Saudi unggul 3-1.

Tiga belas menit jelang bubaran, Korea Utara harus bermain dengan 10 orang setelah Yon-Jick Lee diusir wasit. Sebabnya, bola tendangan Salem Al Dawsari yang mengenai mistar gawang kemudian mengenai tangan Jick Lee.

Advertisement

Tiongkok Juga ke Perempatfinal

Pada laga kedua Grup B yang dihelat di Brisbane Stadium, Rabu (14/1/s015) sore WIB, Tiongkok dan Uzbekistan sama-sama bermain ngotot sejak menit awal. Ini bisa dilihat dari total tiga tembakan ke gawang dari kedua tim plus penguasaan bola seimbang, 50:50.

Babak pertama berakhir untuk keunggulan Uzbekistan dengan skor 1-0 usai Odil Akhmedov menjebol gawang Tiongkok. Menggiring bola sampai kotak penalti, Akhmedov melepaskan tembakan kaki kanan dan bola sempat membentur pemain Tiongkok, sebelum melambung ke gawang yang dikawal Dalei Wang.

Advertisement

Di babak kedua Tiongkok coba meningkatkan intensitas serangan dan mendapat gol penyama kedudukan di menit ke-55 lewat Xi Wu. Bola crossing berhasil digapai oleh Gao Lin, yang langsung menyodorkan ke arah Xi yang diteruskan lewat sepakan terukur ke gawang Uzbekistan.

Tiongkok berbalik memimpin 2-1 di menit ke-67 usai Ke Sun melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, yang tak mampu dihadang oleh kiper Uzbekistan, Ignatiy Nesterov.

Skor tersebut bertahan hingga laga usai dan Tiongkok berhak melaju ke babak selanjutnya usai mengumpulkan enam poin dari dua laga. Sementara itu Uzbekistan dengan tiga poin ada di posisi ketiga, tapi kalah selisih gol dari Arab Saudi.

Advertisement

Kedua tim akan memainkan partai ‘hidup-mati’ tiga hari ke depan untuk menemani Tiongkok sebagai wakil grup di babak delapan besar

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif