Sport
Rabu, 14 Januari 2015 - 03:25 WIB

BALLON D'OR 2014 : Loew Kalahkan Ancelotti, Messi Pilih Mourinho

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Joachim Loew saat menerima trofi sebagai pelatih terbaik dunia pada penyerahan Ballon d'Or. JIBI/Rtr

Ballon d’Or telah selesai diberikan kepada Cristiano Ronaldo. Pelatih terbaik jatuh pada Joachim Loew, Messi ternyata memilih Mourinho.

Solopos.com, ZURICH— Joachim Loew dinobatkan sebagai Pelatih Terbaik Dunia FIFA pada seremoni penghargaan Ballon d’Or di Zurich, Swiss, Senin (12/1/2015). Perlatih Timnas Jerman tersebut mengalahkan arsitek Real Madrid, Carlo Ancelotti dan nakhoda Atletico Madrid, Diego Simeone untuk menjadi pelatih terbaik pada 2014.

Advertisement

Terpilihnya Loew tak mengejutkan. Pria berusia 54 tahun tersebut mampu membawa Jerman menjadi kampiun di Piala Dunia 2014 di Brasil, Juni-Juli lalu. Berkat tangan dingin Loew, Jerman berhak memasang bintang empat, sebagai pertanda mereka telah memenangi Piala Dunia empat kali.

Loew mengakhiri penantian Der Panzer, julukan Timnas Jerman, selama 18 tahun untuk meraih titel di turnamen besar. Jerman menundukkan Argentina lewat gol Mario Goetze di babak final Piala Dunia pada babak perpanjangan waktu di Stadion Maracana, Rio de Jenairo.

“Ini [penghargaan pelatih terbaik] seperti memberi hiasan di atas kue setelah Piala Dunia. Ini tidak terbayang akan menjadi milikku, namun saya hanya memikirkan orang lain,” beber Loew ketika menerima gelar Pemain Terbaik Dunia tersebut, seperti dilansir Daily Mail.

Advertisement

Loew meraup 36,23 persen suara.  Pelatih perlente tersebut mengungguli Ancelotti yang meraup 22,06 persen dan Simeone dengan 19,02 persen suara. Ancelotti, yang datang didampingi istrinya Luisa pada Gala Ballon d’Or, masuk nominasi setelah membawa Real Madrid memboyong La Decima alias gelar ke-10 Liga Champions. Sepanjang 2014, Ancelotti juga membantu tim raksasa Spanyol tersebut menyabet Copa del Rey, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Klub.

Pencapaian Simeone tak kalah mengagumkan. Pelatih berpaspor Argentina tersebut mengantar Atletico mengakhiri puasa titel Liga Primera selama 18 tahun pada musim 2013/2014. Dia juga membawa Atletico lolos ke babak final Liga Champions untuk bertemu rival sekota, Real Madrid.

Pelatih Terbaik Dunia FIFA ditentukan berdasarkan suara terbanyak yang diberikan kapten dan pelatih tim nasional, serta media-media di dunia. Secara mengejutkan, kapten Timnas Argentina dan bintang Barcelona, Lionel Messi, menempatkan pelatih Chelsea, Jose Mourinho, sebagai pilihan ketiganya setelah eks pelatih Timnas Argentina, Alejandro Sabella dan mantan nakhoda Barcelona, Josep Guardiola. “Mourinho adalah pelatih hebat. Suka atau tidak, Anda harus akui dia pelatih hebat,” urai Messi yang sempat dihubungkan bakal hijrah ke Chelsea. (Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos)

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif