Soloraya
Selasa, 13 Januari 2015 - 02:31 WIB

EROSI BENGAWAN SOLO : Titik Baru Rawan Banjir Sukoharjo

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Air dari aliran Sungai Bengawan Solo akan meluap dan menggenangi permukiman warga di Dukuh Daleman RT 007/RW 006, Banaran, Ngringo, Karanganyar, Jawa Tengah apabila hujan turun selama beberapa jam. Kondisi itu rutin terjadi setiap tahun. Foto diambil Jumat (19/12/2014). (Sri Sumi Handayani/JIBI/Solopos)

Erosi bengawan Solo yang menyebabkan rumah warga Langenharjo retak-retak, tampaknya masih akan menimbulkan dampak lanjutan seiring pernyataan BPBD yang mengungkap sejumlah titik baru rawan banjir di Sukoharjo.

Solopos.com, SUKOHARJO – Erosi bengawan Solo menyebabkan 400 rumah warga Langenharjo retak, sebagaimana pantauan Solopos.com, Kamis (8/1/2015) lalu. Bencana erosi tersebut tampaknya akan memberi dampak lanjutan di Sukoharjo.

Advertisement

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo, Suprapto, menyatakan titik-titik baru rawan banjir di Sukoharjo.

Suprapto mengungkapkan ada beberapa titik yang awalnya tidak diprediksi banjir, justru mulai menunjukkan genangan air.

Kepada Metrotvnews, Sabtu (10/1/2015), ia menjelaskan titik-titik rawan banjir yang dimaksud adalah Desa Madegondo, Desa Gadengan, dan Desa Langenharjo.

Advertisement

Terkait kemungkinan banjir pada tiga desa tersebut, BPBD Sukoharjo mengimbau masyarakat untuk berupaya aktif memperbaiki drainase di lingkungan sekitar.

Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk antisipasi agar dampak erosi Bengawan Solo tidak meluas.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif