Soloraya
Minggu, 11 Januari 2015 - 02:00 WIB

KEBAKARAN SOLO : Rumah Ludes Terbakar, Pemilik Rumah Nyaris Terjebak

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Kebakaran (JIBI/Solopos/Dok.)

Kebakaran di Solo kembali terjadi pada Sabtu (10/1/2014) dini hari. Rumah ludes terbakar, sedangkan penghuni nyaris terjebak kobaran api.

Solopos.com, SOLO — Rumah milik Hartoyo, 60, di Jl. Tentara Pelajar No.41B, Bibis Kulon, Kecamatan Banjarsari, Solo, Sabtu (10/1/2014) dini hari ludes terbakar. Elvi Kristanti, 54, istri dari pemilik rumah, Hartoyo saat ini kritis akibat luka bakar parah.

Advertisement

Kerugian akibat kejadian tersebut diperkirakan ratusan juta rupiah. Peristiwa kebakaran menurut tetangga korban, Ny. Ratmi, diketahui warga yang mendengar teriakan dari penghuni rumah disusul kepulan asap.

Saat kejadian, di dalam rumah ada Hartoyo, istrinya, serta ibu kandungnya. Mengetahui kebakaran, warga berusaha menolong korban yang saat itu masih berada di dalam rumah. Sedangkan warga lainnya mendorong keluar mobil Isuzu Panther yang kebetulan sedang diperbaiki di bengkel milik korban di samping rumah. Upaya warga sempat terhambat karena rumah Hartoyo hanya memiliki satu pintu.

“Jadi penghuni rumah sempat kesulitan membuka pintu depan, sedang istrinya sempat masuk kamar mandi begitu tubuhnya kena api. Sedang ibu korban berhasil diselamatkan dan hanya menderita luka sedikit,” terang Ratmi kepada Solopos.com, Sabtu.

Advertisement

Upaya pemadaman yang dilakukan warga sempat mengalami kendala karena hanya menggunakan peralatan seadanya. Api yang sempat membesar akhirnya bisa dikendalikan oleh petugas pemadam kebakaran. “Ada empat mobil pemadam kebakaran yang dikerahkan. Api baru padam sekitar pukul 03.00 WIB,” ungkap dia.

Dari keterangan warga yang sempat masuk ke dalam rumah untuk menyelamatkan korban, api pertama kali muncul dari ruang makan. Kemudian merambat ke ruangan lainnya. Ditambahkan, Ratmi, warga sempat mendengar bunyi ledakan dari arah dapur diduga dari tabung gas elpiji yang meledak. “Kemungkinan penyebab kebakaran karena korsleting atau hubungan pendek arus listrik dari ruang makan,” tutur dia.

Sementara menurut Eko dan Min, karyawan bengkel milik korban mengatakan, saat ini majikannya dan istri dirawat di RS dr. Oen, Solo Baru, Sukoharjo akibat luka bakar dalam kejadian itu. Kapolsek Banjarsari Kompol I Ketut Raman mewakili, Kapolresta Solo Kombes Pol Iriansyah mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 01.00 WIB. Mengenai penyebab kebakaran, polisi masih melakukan penyelidikan.

Advertisement

“Korban mengalami luka bakar hampir di seluruh tubuhnya, keduanya [Hartoyo dan istri] kini dirawat di rumah sakit. Kondisi Elvi Kristanti isteri Hartoyo masih kritis,” ungkap dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif