News
Minggu, 11 Januari 2015 - 17:45 WIB

Bus Tabrak Tanker Minyak di Pakistan, 57 Tewas

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kecelakaan lalu lintas. (JIBI/Solopos/Dok.)

Bustabrak tanker minyak di Pakistan mengakibatkan ledakan besar yang menewaskan 57 orang.

Solopos.com, ISLAMABAD — Sedikitnya 57 orang tewas ketika bus yang mereka tumpangi menabrak sebuah truk tanker minyak di wilayah Kota Karachi, Provinsi Sindh, Pakistan, Minggu (11/1/2014).

Advertisement

Jumlah korban tewas diperkirakan bertambah. Seluruh bagian bus terbakar dan sejumlah mayat penumpang bahkan tak dapat dikenali akibat dasyatnya kobaran api. Mayat para korban, seperti dilansir bangkokpost.com dievakuasi ke Rumah Sakit (RS) Jinnah di Karachi.

“Kami telah menerima lebih dari 57 mayat tapi jumlah korban tewas mungkin bertambah. Hal itu karena banyak dari korban tewas benar-benar terbakar secara keseluruhan dan melekat satu sama lain,” jelas seorang dokter di RS tersebut, Semi Jamali.

Lebih lanjut Jamali mengatakan setidaknya mayat enam anak ditemukan melekat dengan jasad sejumlah wanita. Para wanita itu diduga ibu dari anak-anak tersebut. “Mereka tak dapat dikenali, mereka hanya dapat diidentifikasi melalui tes DNA,” ungkapnya.

Advertisement

Penyelidikan sedang dilakukan untuk menguak penyebab kecelakaan maut itu. Muncul laporan, bus yang melaju dari Karachi menuju Kota Shikarpur tersebut kelebihan penumpang. Saat kecelakaan, bus disebut mengangkut lebih dari 60 penumpang.

Sementara seorang polisi di kota setempat, Rao Muhammad Anwaar, mengatakan dari penyelidikan awal, bus menabrak mobil tanker yang datang dari arah yang salah di jalur tunggal itu. Anggota kepolisian lain, Aamir Shiekh, mengungkapkan rusaknya kondisi jalan juga berkontribusi dalam tragedi itu.

“Kami berusaha untuk memastikan apakah pengemudi mobil tanker minyak yang salah atau sopir bus karena juga menunjukkan kelalaian [kelebihan muatan],” kata Anwaar.

Advertisement

Kerabat salah satu korban tewas, Abdul Hafeez, menuturkan saudara perempuannya dan dua paman beserta seluruh keluarga mereka berada di dalam bus itu. “Total sembilan anggota keluarga berada di dalam bus dan tidak ada yang selamat,” ucapnya pilu seperti dikutip dari nytimes.com.

Sejumlah kecelakaan maut terjadi di Pakistan pada tahun 2014. Sedikitnya 57 orang termasuk 18 anak-anak tewas pada November lalu ketika sebuah bus bertabrakan dengan truk di dekat Kota Khairpur. Polisi yang masih melakukan penyelidikan, kuat menduga rusaknya jalan menjadi penyebab kecelakaan itu. Sementara pada April, tabrakan antara sebuah bus dan traktor di Sindh yang merenggut 42 nyawa.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif