Soloraya
Sabtu, 10 Januari 2015 - 23:00 WIB

PERAMPOKAN SUKOHARJO : Sekap Penjaga Toko, Pemuda Sukoharjo Dihajar Massa

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pencuri (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Perampokan di Sukoharjo hari ini menyasar sebuah toko kue di Mulur, Bendosari. Pelaku sempat menyekap perempuan 21 yang menjaga toko.

Solopos.com, SUKOHARJO — Aksi percobaan pencurian dengan kekerasan (curas) atau perampokan terjadi di Dusun Jati Demangan, RT 004/RW 007, Desa Mulur, Kecamatan Bendosari, Sukoharjo, Sabtu (10/1/2014) pagi. Sempat menyekap penjaga Toko Kue Mentari, pencuri tersebut akhirnya diringkus warga setempat.

Advertisement

Informasi yang dihimpun Solopos.com di Mapolsek Bendosari, kejadian itu bermula ketika penjaga toko Iis Fitriani, 21, sedang menunggu warung milik Wiyoto, 50. Sekitar pukul 10.00 WIB, warga Dusun Sawur, Desa Mertan, Kecamatan Bendosari itu didatangi seorang pria mengendarai sepeda motor Yamaha Vixion bernopol AD 5083 LO.

Pria yang belakangan diketahui bernama Feri Sumardiyanto, 23, warga Dusun Ngowan, Desa Kenongkorejo, Kecamatan Polokarto itu mengaku hendak berbelanja roti. Namun, tiba-tiba dia menyekap mulut Iis dari belakang dan hendak mengambil uang yang tersimpan dalam warung.

Saat dibekap itu, Iis sempat menjerit. Jeritannya terdengar oleh ibunya, Ny. Veri, yang kebetulan berada di dalam rumah. “Begitu mendengar jeritannya, saya langsung keluar minta tolong warga,” ujar Ny. Veri kepada polisi.

Advertisement

Untuk mencegah pelaku melarikan diri, Ny. Veri sempat menjatuhkan sepeda motornya yang terparkir di depan toko. Bersamaan dengan itu, warga yang mendengar permintaan tolong Ny. Veri mulai berdatangan. Tak butuh waktu lama, warga berhasil meringkus pelaku.

Warga sempat melampiaskan kekesalan dengan memukul pelaku. Dia sempat menjadi bulan-bulanan warga untuk beberapa saat. Namun, warga akhirnya menyerahkan pelaku kepada Polsek Bendosari. Selanjutnya, pelaku diserahkan ke Polres Sukoharjo untuk penyidikan lebih lanjut.

Akibat penyekapan itu, Iis masih merasa trauma. Dia masih enggan ditemui wartawan yang ingin mewawancarainya. Wanita itu juga mengalami luka lecet pada bagian bawah mata sebelah kiri akibat pukulan benda tumpul.

Advertisement

“Ada sekitar 40 warga yang datang. Beberapa sempat memukul dia karena merasa kesal. Dia tidak berkutik. Kejadian berlangsung cepat. Kami lantas menyerahkan dia ke polisi,” ujar Aris Ristyanto, 28, warga yang menjadi saksi kejadian itu.

Kapolsek Bendosari, AKP I Nyoman Sudana, mengatakan pelaku sudah ditangkap beserta sepeda motor miliknya. Menurutnya, pelaku berusaha mengambil sejumlah uang yang tersimpan di dalam laci toko. “[Dia menyekap] dengan tangan kosong. Tidak membawa senjata apapun,” ungkapnya melalui sambungan telepon.

Kapolsek mengatakan modus yang digunakan pelaku ialah dengan berpura-pura sebagai pembeli roti. Pelaku laku menyekap korban dari belakang, namun korban sempat berteriak sehingga percobaan perampokan itu berhasil digagalkan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif