Soloraya
Kamis, 8 Januari 2015 - 17:15 WIB

PASAR KLEWER TERBAKAR : Pemkot Solo Upayakan Pasar Klewer Timur Kembali Buka Pekan Depan

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pendataan pedagang Pasar Klewer oleh HPPK, Senin (29/12/2014). (Reza Fitriyanto/JIBI/Solopos)

Pasar Klewer terbakar pada akhir 2014 lalu. Kini Pemkot Solo mengupayakan Pasar Klewer Timur kembali buka pekan depan.

Solopos.com, SOLO – Aktivitas perdagangan di Pasar Klewer sisi timur ditargetkan bisa kembali pulih pada pekan depan. Pemkot Solo kini mulai membenahi kondisi Pasar Klewer sisi timur, salah satunya membenahi instalasi listrik.

Advertisement

Kepala Dinas Pengelola Pasar (DPP) Kota Solo Subagiyo ketika dijumpai wartawan di Balai Kota Solo, Kamis (8/1/2015), mengatakan akan membuat bangunan sisi timur lebih aman sebelum kembali ditempati pedagang.

Subagiyo mengaku telah bekerja sama dengan PT PLN untuk mengontrol instalasi listrik di pasar sampai dinyatakan instalasi listrik aman. Subagiyo memperkirakan pekan depan perbaikan pasar sisi timur selesai.

“Kami masih melakukan pembenahan, di antaranya instalasi listrik, penyediaan peralatan keamanan serta pemagaran Pasar Klewer sisi Barat yang habis terbakar,” ujar Subagiyo.

Advertisement

Subagiyo juga mempersilahkan bagi pedagang yang tidak lagi memiliki kios akibat terbakar, sementara beraktivitas di areal parkir Masjid Agung.

Kondisi Pasar Klewer sisi Timur yang lolos dari amukan api, menurut Subagiyo, relatif masih memadai untuk beraktivitas. Hanya terkait dengan proses penyelidikan polisi, Pasar Klewer sisi Timur ditutup sementara.

Ketua DPRD Kota Solo, Teguh Prakosa, meminta DPP melakukan pembenahan instalasi listrik, perbaikan fasilitas umum dan sosial sebelum pasar sisi timur kembali dibuka.

Advertisement

“Teman DPRD minta DPP melakukan perbaikan pasar timur agar akhir Januari bisa ditempati. Untuk dana bisa gunakan anggaran pemeliharaan. Itu tidak perlu lelang paling Rp 100 juta,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif