Soloraya
Rabu, 7 Januari 2015 - 23:45 WIB

HARGA CABAI : Meski Turun, Harga Cabai Masih Tinggi

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi komoditas perdagangan cabai rawit (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harga cabai di Klaten masih tinggi walaupun telah mengalami penurunan selama sepekan.

Solopos.com, KLATEN– Meski mengalami penurunan selama sepekan ini, harga cabai di Klaten masih tinggi. Kondisi cuaca yang tak menentu dianggap sebagai salah satu penyebab utama kondisi ini.

Advertisement

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Kantor Ketahanan Pangan Klaten hingga Senin (5/1/2015), harga cabai rawit berkisar Rp75.000/kilogram. Menurun dibandingkan pekan lalu yang mencapai Rp90.000/kilogram. Cabai keriting yang sebelumnya sekitar Rp70.000/kilogram menjadi Rp65.000/kilogram. Sementara, cabai besar atau teropong yang sebelumnya Rp65.000/kilogram menjadi Rp45.000/kilogram.

Staf Distribusi Pangan Kantor Ketahanan Pangan, Yenny Mailyasanti, menjelaskan harga cabai tersebut berdasarkan hasil survei di Pasar Klaten. “Kemungkinan harga antar pedagang itu berbeda-beda,” jelas dia saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (7/1/2015).

Dia menuturkan meski terjadi penurunan, harga tersebut dinilai masih tinggi. “Harga paling tinggi terjadi pada Desember 2014 lalu. Ini sudah menurun. Tetapi, bisa saja naik lagi. Harga cabai memang tidak bisa diperkirakan,” katanya.

Advertisement

Terkait penyebab masih tingginya harga cabai, ia mengaku tak mengetahui secara persis. Para pedagang yang didatangi petugas pun mengaku harga sudah tinggi dari tingkat pemasok. Ia memperkirakan tingginya harga cabai disebabkan lantaran kondisi cuaca yang kerap berubah-ubah. Kondisi itu membuat produksi cabai menurun.

“Penyebabnya bisa karena cuaca dan stok dari petani yang berkurang. Pedagang sendiri juga sudah menerima cabai dengan harga yang tinggi,” lanjutnya.

Yenny menerangkan harga kebutuhan pokok lainnya seperti telur mengalami peningkatan. Harga telur pekan lalu sekitar Rp19.500/kilogram. Namun, berdasarkan hasil survei yang dilakukan Senin lalu, harga telur mencapai Rp20.000/kilogram.

Advertisement

Salah satu pemilik warung makan di wilayah Tonggalan, Klaten Tengah, Purwanti, mengakui masih tingginya harga cabai. “Hari ini harganya masih Rp100.000/kilogram. Mau bagaimana lagi, ya bisanya pasrah,” ujarnya, Rabu (7/1/2015).

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif