Lifestyle
Selasa, 6 Januari 2015 - 06:00 WIB

HASIL PENELITIAN : Kesulitan BAB? Lakukan Pijatan Ini

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kesulitan Buang Air besar Bisa Diatasi Dengan Pijatan Perineum (Obatherbalkista.web.id)

Hasil penelitian menunjukkan kesulitan buang air besar atau BAB bisa diantisipasi dengan pijatan.

Solopos.com, SOLO — Kesulitan buang air besar atau BAB, membuat tubuh Anda menjadi tidak nyaman.

Advertisement

Untuk memperlancar buang air besar bisa dilakukan dengan makan makanan yang mengandung banyak serat dan mengonsumsi obat. Namun, apabila Anda mencoba melakukan pijatan ini, buang air besar Anda menjadi lebih mudah.

Pada saat Anda kesulitan untuk BAB, Anda bisa melakukan pijatan di area perineum atau area di antara anus dan alat vital.

Hasil penelitian dalam Journal of General Internal Medicine, menunjukkan cara efektif dalam memperlancar BAB, yaitu memijat area perineum.

Advertisement

Dikutip dari Science Daily, Senin (5/1/2015), hasil penelitian ini berdasarkan pada 100 responden yang kesulitan BAB dan berusia 18 tahun ke atas. Sebanyak 100 responden ini dibagi menjadi dua kelompok.

Sebanyak 25 responden kesulitan buang air besar, yang ditandai dengan feses keras, ambeien, dan adanya siklus BAB kurang dari tiga kali dalam seminggu. Kelompok pertama diberi beberapa pilihan untuk memeperlancar buang air besar.

Kelompok yang kedua, diberi arahan untuk melakukan pijatan di bagian perineum.

Advertisement

Hasil penelitian ini menunjukkan setelah satu bulan, sebanyak 72 responden yang melakukan pijat perineum dua sampai tiga kali seminggu mengatakan siklus BAB mereka menjadi lebih lancar. Sebanyak 54 responden mengatakan penyakit ambeien yang diderita hilang.

Sebanyak 82 responden yang sudah melakukan piijar perineum mengaku akan tetap melakukan pijatan ini, dan 72 responden akan membagikan tips pijatan perineum ini kepada teman dan keluarganya.

Menurut dr. Ka-Kit Hui dari UCLA Center for East-West Medicine, teknik pijatan di perineum ini tanpa efek samping. Untuk bisa mahir melakukannya, dibutuhkan latihan dan dan ketekunan. Penelitian ini akan terus dilanjutkan. Hasil penelitian ini memang bermanfaat bagi semua orang yang memiliki masalah kesulitan BAB.

Apabila Anda kesulitan buang air besar, Anda bisa melakukan pijatan perineum dan menjaga pola hidup sehat agar tidak mengalami kesulitan buang air besar. Semoga hasil penelitian ini bermanfaat untuk Anda.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif