News
Senin, 5 Januari 2015 - 21:40 WIB

Jurusan Teknik Kimia UGM Raih Akreditasi Internasional

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gedung Pusat UGM Yogyakarta (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Jurusan Teknik Kimia FT UGM terima akreditasi Chemical Engineers (IChemE) .

Harianjogja.com, SLEMAN- Jurusan Teknik Kimia Universitas Gadjah Mada (UGM) meraih akreditasi dari Institution of Chemical Engineers (IChemE) pada bulan Desember 2014. Prestasi ini menjadikan UGM sebagai universitas pertama memperoleh akreditasi IChemE di Indonesia.

Advertisement

IChemE adalah lembaga akreditasi pendidikan tinggi teknik kimia yang berbasis di London, Inggris yang telah menjadi salah satu standar mutu internasional dalam bidang teknik kimia. Guna mendapatkan akreditasi ini, Ketua Jurusan Teknik Kimia UGM, Moh. Fahrurrozi mengatakan pihaknya harus menunggu selama tiga tahun guna mengikuti tahap proses evaluasi secara menyeluruh. Perbaikan dari sisi kurikulum, SDM hingga safety culture juga terus diperbaiki.

Dari aspek sumber daya, kata Fahrurrozi, IChemE menilai dua puluh dosen teknik kimia telah menjadi anggota IChemE sebelumnya. Jurusan Teknik Kimia UGM juga dinilai memiliki kurikulum dengan standar internasional yang menganut outcome based education (OBE). Kendati demikian, penilaian akreditasi program studi teknik kimia tidak hanya dilihat dari aspek learning outcome.

“Mahasiswa pun dituntut untuk menguasai kompetensi teknis wajib dan success skills agar siap bersaing di dunia kerja,” kata Fahrurrozi saat ditemui di kantornya senin (5/1/2015) seperti rilis yang Harianjogja.com terima.

Advertisement

Berkat akreditasi ini, program S1 Jurusan Teknik Kimia UGM dapat disejajarkan dengan program teknik kimia di sekolah-sekolah ternama dunia. Upaya ini juga membawa Jurusan Teknik Kimia FT UGM membuka jaringan tingkat global.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif