Otomotif
Minggu, 4 Januari 2015 - 01:00 WIB

TIPS OTOMOTIF : Ini Cara Menghemat BBM Mobil

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi merawat mobil di musim hujan. (Rizaku.com)

Tips otomotif kali ini akan membahas tentang cara-cara menghemat Bahan Bakar (BBM) mobil.

Solopos.com, SOLO — Bahan bakar minyak (BBM) yang semakin langka dan mahal membuat para pengguna kendaraan, khususnya mobil, harus mencari cara agar bisa menghemat penggunaan BBM.

Advertisement

Menghemat BBM saat Anda menggunakan mobil, tidak bisa hanya mengandalkan teknologi canggih di  mobil. Anda juga harus bisa mengemudikan mobil dengan benar.

Sehemat apa pun mobil Anda, Apabila Anda tidak tahu cara mengemudi dengan benar, maka penghematan BBM mustahil terjadi.

Advertisement

Sehemat apa pun mobil Anda, Apabila Anda tidak tahu cara mengemudi dengan benar, maka penghematan BBM mustahil terjadi.

Menghemat BBM mobil, bisa membuat perawatan di dalam mobil Anda mudah dilakukan. Inilah tips otomotif umum tentang cara menghemat BBM mobil yang harus Anda cermati.

Dikutip dari Detik, Jumat (02/01/2015), ada beberapa langkah penting yang harus Anda lakukan dalam usaha menghemat BBM mobil. Berikut beberapa cara menghemat BBM mobil.

Advertisement

Apabila Anda mengebut saat mengemudikan mobil, membuat jarak tempuh untuk satu liter BBM berkurang sampai 33 persen di jalan raya dan lima persen di jalan tol.

Rawat Mobil Secara Rutin
Kedua, saat Anda ingin menghemat BBM pada mobil Anda, salah satu caranya adalah merawatnya rutin. Anda harus melakukan servis pada mobil Anda secara rutin dan sesuai jadwal.

Menjaga Tekanan Ban
Ketiga, Anda harus  menjaga tekanan ban sesuai dengan yang direkomendasikan pabrik tempat pembuatan mobil Anda. Tekanan ban yang sesuai dengan rekomendasi pabrik, membuat gesekan antara permukaan luar ban dengan jalan semakin kecil.

Advertisement

Hal itu membuat beban yang harus ditanggung mesin untuk menggerakkan mobil Anda semakin ringan. Kurangi barang bawaan yang tidak penting

Mengurangi Barang Bawaan
Keempat,  Anda harus mengurangi barang bawaan yang tidak penting. Dengan mengurangi beban yang ada di dalam mobil, maka semakin ringan beban mesin untuk menggerakkan mobil Anda.

Dikutip dari situs Evalube, Jumat (02/01/2015),  cara penting menghemat BBM pada mobil, yaitu dengan mematikan mesin dan AC apabila tidak dibutuhkan.

Advertisement

Contohnya seperti saat Anda melewati jalur pegunungan yang sejuk,  lebih baik Anda matikan AC dan membuka jendela mobil Ada. Hal itu bisa menghemat BBM pada mobil Anda dan udara sejuk pegunungan membuat Anda lebih segar dan sehat.

Matikan mesin mobil Anda apabila Anda harus menunggu di dalam mobil lebih dari 10 menit.

Advertisement
Kata Kunci : Tips Otomotif
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif