Lifestyle
Minggu, 4 Januari 2015 - 04:00 WIB

PENELITIAN TERBARU : Ini Cara Efektif Berhenti Merokok

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi larangan merokok. (www.obatherbalalami.com)

Penelitian terbaru kali ini membahas tentang cara-cara efektif dan terbaru untuk berhenti merokok.

Solopos.com, SOLO — Kebiasaan merokok merupakan kebiasaan yang tidak baik. Apabila Anda seorang perokok, segeralah berhenti merokok.

Advertisement

Hal itu harus Anda lakukan untuk menjaga kesehatan Anda. Dikutip dari Liputan6.com, Rabu (31/12/2014), para peneliti menemukan bahan alami yang efektif untuk membantu seseorang berhenti merokok.

Bahan tersebut adalah cytisine yang ada di dalam biji bunga hujan emas, atau Galphimia Glauca. Cytisine adalah suatu zat yang bisa membuat seseorang berhenti merokok.

Galphimia Glauca adalah tanaman bunga yang cukup indah dengan tinggi maksimal satu meter. Disebut hujan emas karena tanaman ini tumbuh seperti semak tetapi memiliki bunga berwarna kuning emas.

Advertisement

Para peneliti menemukan fakta menarik. Sebanyak 40 persen dari perokok yang mengonsumsi pil cytisine selama 25 hari berhasil berhenti merokok. Orang yang mengonsumsi pil cytosine selama sebulan, orang tersebut langsung berhenti merokok.

Fungsi cytisine hampir sama dengan nikotin. Saat zat cytisine dikonsumsi, keinginan untuk merokok, hilang dengan sendirinya.

Namun, mengonsumsi cytisine, memberikan efek samping yang kurang baik. Dari hasil penelitian terbaru, tiga dari sepuluh orang yang menggunakan cytisine mengalami mual, menjadi tidak fokus, dan kurang tidur.

Advertisement

Meskipun ada efek sampingnya, orang-orang yang pernah mencoba zat cytisine mengaku akan merekomendasikannya kepada orang yang kecanduan rokok. Hal itu karena mereka merasakan banyak manfaat saat mengonsumsi cytisine ini.

Keunggulan lain dari hasil penelitian terbaru ini, terapi menggunakan cytisine lebih murah dibandingkan dengan terapi-terapi yang sama. Terapi Nicotine Replacement Therapy (NRT) menghabiskan biaya US$700 dalam satu bulan. Apabila Anda melakukan terapi menggunakan cytisine hanya membutuhkan biaya US$20 atau sekitar Rp240.000.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif